Search This Blog

Monday, December 25, 2017

Dukungan dan Harapan Bersama Prudential Life Assurance ; Donasi Mesin Apheresis



Tak terasa kita sudah berada di penghujung tahun 2017.  Apa saja pencapaian selama setahun ini?  Sudahkah kita memberi yang terbaik untuk lingkungan, keluarga dan diri sendiri?  Sudahkah keberadaan kita cukup bermanfaat untuk orang-orang di sekitar kita? Sudahkah kita berhasil mewujudkan mimpi-mimpi lama yang terpendam?

Saya termenung.

Banyak kisah tercipta di sekitar kita.  Dari kisah-kisah  bahagia, haru, sukses hingga sedih.  Dari sana saya belajar bahwa terkadang tak semua yang kita harapkan bisa tercapai dengan jalan mulus.  Tak semua mimpi bisa terwujud dengan mudah.  Tapi yang paling penting adalah saya belajar tentang dukungan dan harapan.  Dua kata sakti yang menurut saya dapat membangkitkan semangat buat yang sedah bersedih, terpuruk atau sedang diberi cobaan.  Dukungan mungkin hanya terdengar seperti kata-kata penghiburan, tapi bila diberikan dengan tulus  maka akan terasa begitu mendalam menyentuh hati.  Dari sini kemudian hadirlah harapan untuk masa depan yang lebih baik.

Tidak semua orang beruntung menjalani kehidupan yang lurus-lurus saja.  Tapi saya yakin, semua orang punya mimpi untuk sehat, sukses dan bermanfaat.  Saya meyakini bahwa setiap cobaan hadir untuk ujian menuju level yang lebih tinggi.  Salah satunya ujian berupa kesehatan yang menurun.  Naik level bukan hanya untuk mereka yang sakit, tapi juga pada orang-orang disekitarnya agar lebih kuat, sabar dan semangat menghadapi setiap cobaan.

Komitmen seperti inilah yang kemudian ditangkap oleh Prudential Life Assurance.  Hadir di Indonesia sejak 22 tahun yang lalu, Prudential memberi dukungan dan harapan dalam ruang sehat keluarga Indonesia.




“Hanya dengan mendengarkan, kami dapat memahami apa yang dibutuhkan masyarakat, dan hanya dengan memahami apa yang dibutuhkan masyarakat, kami dapat memberikan produk dan tingkat pelayanan sesuai dengan yang diharapkan.” (Prudential Kredo)

Saat membaca untaian kalimat di atas, hati saya hangat.  Terasa sekali komitmen perusahaan ini dalam memberi perlindungan bagi masyarakat.  Selain memberi perlindungan dalam kesehatan, pendidikan dan penangulangan  bencana, Prudential juga membantu dengan tindakan nyata yang langsung dapat dirasakan oleh mereka yang membutuhkan.  Salah satunya adalah bekerjasama dengan Yayasan Onkologi Anak Indonesia (YOAI) memberikan donasi mesin Apheresis untuk para penderita kanker, sebagai wujud  komitmen perusahaan yang fokus pada penanggulangan kondisi kritis.


Mengenal Mesin Apheresis


Bagi para penderita kanker, rangkaian pengobatan berupa kemotrapi menjadi rutinitas yang mau tak mau harus dijalani.  Pada beberapa jenis kanker, seperti leukemia (kanker darah), syarat menjalani kemotrapi adalah jumlah sel darah putih yang kurang dari 100 ribu.  Masalahnya, pada penderita leukemia, sel darah putih terkadang berkembang tak wajar sehingga jumlahnya harus ditekan agar dapat mengikuti rangkaian pengobatan.  Dulu, para dokter menggunakan cara konvensional untuk menekan jumlah sel darah putih ini, yaitu dengan infus dan perawatan khusus di ICU. 



 

Teknologi dan ilmu kesehatan yang terus berkembang kemudian menghadirkan mesin Apheresis untuk memberi solusi yang lebih aman, nyaman dan terjangkau.  Dengan Apheresis, dapat membantu pengobatan kemoptrapi lebih cepat yaitu dengan memisahkan komponen darah yang berupa sel atau plasma sehingga dapat memmbantu membuang sel-sel kanker dalam tubuh dan mempertahankan sel sel sehat. 
Meski bukan terapi utama, dengan mesin Apheresis, terapi pada para penderita kanker dapat berjalan lebih mudah dan cepat sehingga diharapkan penanganan penyakitnya dapat dilakukan dengan baik.

Adapun dari segi donor, dengan Apheresis, komponen darah yang diambil hanyalah komponen yang diperlukan saja, misalnya trombosit, sel darah merah, sel darah putih dan plasma.  Adapun komponen lainnya langsung dapat dikembalikan ke dalam tubuh pendonor saat itu juga.  
Selain itu, mesin apheresis juga dapat membantu transpalantasi sel, dimana sel sehat pendonor akan diperbanyak sehingga nantinya dapat didonorkan pada penderita sebagai bahan baku pertumbuhan sel sehat yang baru.

Mengetahui manfaat mesin apheresis ini,  sungguh adalah langkah luar biasa dari Prudential yang mendonasikan mesin ini ke Rumah Sakit – Rumah Sakit yang memberikan pelayanan kesehatan bagi para penderita kanker. 
Hingga saat ini, sudah 7 Rumah Sakit yang menerima donasi mesin apheresis dari Prudential antara lain RSKD Dharmais Jakarta, RSUD Dr. Soetomo Surabaya, RSUP Sanglah Denpasar, RS dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta, RSUP dr. Sardjito Yogyakarta, RS Universitas Hasanudin Makassar dan RS Hasan Sadikin Bandung.  Kedepannya, Prudential berencana untuk mendonasikan lebih banyak lagi mesin apheresis bagi Rumah Sakit yang memberi pelayanan pasien kanker anak di Indonesia.

Tanggung Jawab Sosial Prudential


Sebagai perusahaan asuransi, tentunya Prudential berkomitmen memberi perlindungan bagi masyarakat baik dalam hal pendidikan maupun kesehatan.  Namun, bukan sekedar berbisnis, Prudential Indonesia juga memiliki tanggung jawab sosial dengan memberi kembali kepada masyarakat.  Selain mendonasikan mesin apheresis, Prudential juga menjalankan tiga pilar CSR (Coorporate Sicial Responsibility) yaitu : Pendidikan, Kesehatan,  Tanggap Bencana dan Bantuan Kemanusiaan

Dalam bidang pendidikan, Prudential  sebagai perusahaan jasa berbasis keuangan memberikan literasi keuangan bagi masyarakat terutaman pada anak-anak, perempuan dan masyarakat berpenghasilan rendah agar dapat meningkatkan tarafhidup pribadi dan keluarganya.  Ada 7 aksi yang telah dijalankan oleh Prudential dalam bidang ini, antara lain :




      1.  Cha Ching Money Smart Kids, adalah sebuah bentuk aplikasi digital pada anak usia 7 – 14 tahun agar paham literasi keuangan.  Hadir dalam nbentuk interaktif menarik dilengkapi dengan video dan musik ceria.  Tentang sebuah grup music yang menjalani kehidupan sehari-hari, menjalani road shoe, berbelanja dan mengatur keuangan.  Sangat menarik dan tentunya disukai oleh anak-anak.
2.  Program Master Aktuaria, adalah bentuk kerjasama dengan MM Universitas Indonesia untuk menyediakan wadah bagi para mahasiswa menempuh pendidikan S2 di bidang aktuaria.
3.  Sharia Roadshow bersama Masyarakat Ekonomi Syariah, yaitu pemberian pelatihan dibidang ekonomi syariah di berbagi wilayah Indonesia.
4.  Literasi Keuangan Untuk Perempuan.  Sudah berlangsung sejak 2009 dan menyentuh lebih dari 20.000 perempuan di berbagai kota di Indonesia.  Prudential mengajak perempuan Indonesia untuk lebih paham mengatur keuangan keluarga, bahkan membuka peluang bagi para perempuan untuk membuka usaha agar dapat meningkatkan taraf ekonomi keluarga.
5.  Lembaga Pemasyarakatan Anak.  Sejak 2009, Prudential rutin melakukan kunjungan ke lapas-lapas anak.  Selain berbagi kebahagian dalam ulang tahun, Prudential juga mendatangkan guru bahasa Inggris agar anak-anak didik di Lapas anak mempunyai bekal dan keterampilan untuk kesiapan diri saat keluar dari Lapas nantinya.
6.  Chairman’s Challenge.  Adalah program global Prudential dimana Prudential London memberikan challenge bagi seluruh unit usaha untuk dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar.  Prudential Indonesia seringkali memenangkan challenge ini.
7.  Literasi Keuangan OJK. Bersama-sama dengan Otoritas Jasa Keuangan, Prudential mengahdirkan si Molek (Mobil Literasi Keuangan) yang memberi edukasi pada masyarakat tentang pengelolaan keuangan yang baik.


Dalam bidang Kesehatan, seperti yang sudah dibahas di atas antara lain pemberian donasi mesin apheresis ke rumah sakit-rumah sakit dengan pelayanan pasien kanker. Selain itu  Prudential juga memberikan dukungan bagi anak-anak cacat di YPAC.


Dalam hal Tanggap Bencana dan Bantuan Kemanusiaan, dari tahun ke tahun Prudential senantiasa aktif bergerak, turun  ke lapangan saat bencana terjadi di berbagai wilayah Indonesia.  Sebut saja saat gempa Padang tahun 2010, meletusnya Gunung Kelud dan Sinabung pada tahun 2015, gempa bumi Aceh tahun 2016 dan lain-lain.  



Dukungan dan Harapan itu Masih Ada


Di penghujung tahun 2017 ini, saya melangitkan banyak doa pada Sang Pencipta.  Mengetahui komitmen Prudential bagi kamanusiaan, saya yakin akan lebih banyak pihak yang berbuat sama.  Baik sebagai pribadi maupun komunitas atau kelompok-kelompok lainnya.  Bahwa memberi dukungan  tak harus menunggu kaya, tak harus menunggu waktu sukses, tak harus dibatasi perbedaan suku, agama, ras dan sebagainya.

Dukungan dari bentuk yang paling kecil sekalipun akan menumpuhkan harapan yang besar.  Memberi semangat berkarya, semangat sehat dan semangat menjalani hidup yang lebih baik.  Semoga tahun-tahun mendatang kita diberi hati seluas samudera, pikiran baik dan laku yang baik untuk saling membantu atas nama kemanusiaan.
Berbagi adalah soal hati.  Soal kebermanfaatan untuk sesama.  Prudential sudah bergerak. Kita kapan?

Salam
Arni



4 comments:

  1. menarik banget tentang mesinnya. semoga bener-bener bisa dimanfaatkan umat ya mba

    ReplyDelete
  2. Komitmen pada kemanusiaan layak didukung ya mba

    ReplyDelete
  3. Wah jadi nambah pengetahuan di bidang kesehatan nih. Nice info :)

    ReplyDelete
  4. Mesin apheresis ya mbak? perkembangannya sudah semakin cepat ya untuk melawan kanker.

    ReplyDelete