Search This Blog

Wednesday, November 7, 2018

Pahlawan-pahlawan di Sekitar Kita





Selamat datang November

Gak terasa kita sudah sampai di kwartal ketiga 2018.  Sudah jelang akhir tahun rupanya.  Waktu begitu cepat berlalu ya teman-teman, sementara pencapaian masih segini-segini aja #tutupmukapakaitampah

Malu banget rasanya masih ngaku blogger nih.  Secara blog ini terakhir diisi 19 Juli lalu.  Boooo… 3 bulan lebih rumah maya ini tak terurus. Ngapain aja memangnya? Gak rempong-rempong amat sih sebenarnya, hanya saja lagi kena virus “M” alias maleeees.  Jadinya semacam gak pengen nulis aja, padahal mah yang mau diceritain buanyak banget.  Ngendon aja tuh didraft yang gak tuntas atau yang paling parah, ya masih dalam ruang imajinasi hihi

Thursday, July 19, 2018

Camping Ceria Bebas Kulit Kering dan Pecah-Pecah dengan Pure Paw Paw Ointment



Pecinta camping mana suaranya?

Halo semua, sudah camping kemanakah kalian selama libur panjang kemarin? Seperti biasa, keluarga kecil kami lebih senang mengisi liburan dengan kegiatan outdoor. Kalau di bulan Mei kemarin kami liburan ke Belitung, yang mainnya kebanyakan di pantai, berenang, snorkeling dll, maka sebagai penutup liburan panjang kenaikan kelas ini kami memilih melipir ke gunung, camping.

Camping kali ini terasa istimewa karena bukan sekedar main di alam bebas tapi juga ada belajar seriusnya.  Ehk jangan bayangin belajar kayak di kelas ya, ini belajarnya walaupun serius tapi santai kok.  Santai tapi serius juga.  Ish.. gimana sih, mana yang benar? Ah mana-mana ajalah.  Pokoke maksudnya begono.

Wednesday, July 18, 2018

Punya Mimpi Nerbitin Buku? AE Publishing Saja




Dua tahun lalu saya melangitkan mimpi unuk memberi kado ulang tahun buat bapak.  Mimpi yang sudah terpendam sejak lama dan menunggu untuk menjadi nyata.  Gayung bersambut, saya bertemu dengan teman-teman hebat yang siap mendukung mewujudkan mimpi ini.  Rupanya, kami berada di frekuensi yang sama.  Frekuensi kerinduan pada sosok bapak dengan sejuta cerita penuh kenangan indah akan pendampingannya selama tumbuh kembang kami dari kecil hingga dewasa.

Kami kemudian berkolaborasi.  Menulis satu tema yang sama.  Tentang Bapak ; Prasasti Cinta Sepanjang Usia.

Thursday, June 7, 2018

Mau Apa Aja? Cari Aja!




Yuhuuu teman-teman apa kabar? Semoga semua dalam keadaan sehat ya.  Tak terasa, sebentar lagi masa liburan tiba.  Anak sekolah malah udah nyantai banget ya, tinggal nunggu jadwal cuti bersama Ayah dan Ibunya.  Jadi kemana rencana liburan teman-teman?

Bedewei eniwei buswei teman-teman pastinya pernah ya ngalamin saat liburan lalu bingung nyari-nyari tempat makan, wisata, ATM bahkan SPBU.  Namanya datang ke tempat baru, pastinya kita belum begitu mengenal medan, bahkan nama-nama jalan aja belum tahu.  Lalu kita mengandalkan tanya-tanya ke orang sekitar deh.

Friday, May 25, 2018

Mencari Tempat Nongkrong Paling Hits di Surabaya, Enaknya di Mana, Ya?


Yuhuuu halo semua…

Saya lagi senang nih.  Cah bagus udah kelar UKK di sekolah. Saya bisa simpen tanduk lagi deh sampai semester depan hahaha.  Tadi aja, sepulang sekolah, Cah bagus nyanyi-nyanyi melulu sepanjang jalan.  Dia tak kalah bahagianya dengan saya.  Padahal mah, UKK bukan sesuatu yang menakutkan sebenarnya.  Err.. mungkin lebih menakutkan lihat wajah emak yang galak pas ngajarin selama seminggu ini.  

Apapun hasilnya, yang penting sudah berusaha maksimal ya.  Nilai-nilai itu bukan satu-satunya  tolok ukur kesuksesan di masa depan kok.  Yang penting bagaimana kelak kita bisa bermanfaat untuk sesama.
Udah bebas UKK, kita bisa dong ya nongkrong-nongkrong cantik sekarang.  Khan ceritanya refreshing. 

Wednesday, May 23, 2018

Ini Dia Kejutan Ramadan Ekstra dari Tokopedia



Hai hai saya hadir dengan kabar gembira untuk kita semua.  Kejutan Ramadan dari Tokopedia kini ada Ekstranya *hayoooo ada yang baca sambil nyanyi gak?* :p

Masih ingat cerita saya sebelum ini gak?  Itu lho tentang belanja hemat, cermat dan mudah bersama Ramadan Ekstra dari Tokopedia.  Ingat khaaaan.. Khan.. Khan? Udahlah gak usah pura-pura lupa.  Saya tahu kok, kalian juga pasti berdebar-debar menunggu kehadirannya.

Tuesday, May 22, 2018

Berbagi Cerita Baik dalam Kisah 1 Menit



“Prema, udah malam. Bobo yuk,”

“Oke. Tapi bacain cerita dulu ya,”

Dialog semacam ini udah seperti memutar kaset rekaman berkali-kali deh.  Hampir setiap hari, tanpa bosan, Cah bagus saya meminta dibacain cerita sebelum tidur.  Kalau lagi rajin ya kami pakai buku, kalau lagi pengen cepet ya cerita seadanya.  Ngarang bebas.  Yang penting bercerita.  Yang bercerita bisa siapa saja.  Ayah, Ibu atau Prema, atau lebih seru lagi sambung menyambung cerita sesuai imajinasi masing-masing.

Thursday, May 17, 2018

Membangun Rasa Percaya Diri Anak



“Sayaaaaa…….!” Seru Prema setiap kali mengikuti kegiatan dan ada tawaran untuk maju ke depan, bernyanyi, perform atau sekedar menjawab pertanyaan

Bahkan kadang-kadang, baru mendengar kata, “Siapa yang …,” saja Prema sudah angkat tangan duluan.  Pertanyaannya apa, disuruh ngapain aja belum tau.   Mungkin dia berprinsip angkat tangan aja dulu, maju aja dulu, soal jawaban nantilah mikirnya di depan. Haha

Monday, May 7, 2018

Sambut Ramadan Ekstra Bersama Tokopedia : Belanja Hemat, Cermat dan Mudah



Tarraaaa…. Tak terasa kita sudah sampai di pertengahan tahun.  Awal bulan ini seperti biasa saya berbelanja bulanan di Supermarket langganan. Dan di barisan depan etalase sudah mulai berjejer aneka sirup, kurma, dan penganan manis lainnya pertanda bahwa kita sebentar lagi akan memasuki bulan Ramadan.

Saya sih memang tidak merayakan Ramadan.  Tapi saya selalu ikutan excited setiap bulan puasa tiba.  Banyak discount, banyak dagang takjil dadakan dengan bermacam-macam olahan segar dan pastinya ada wajah bahagia para sahabat, tetangga dan kerabat yang menjalankan ibadah dengan sukacita. 

Sunday, April 29, 2018

Bersahabat dengan Demam Anak



Sejak kehadiran Prema 8 tahun lalu, saya jadi banyak belajar dan terus mencari referensi tentang tumbuh kembang anak. Memiliki buah hati memang menjadi  sebuah anugerah sekaligus tanggung jawab besar sebagai orang tua.  Memperhatikan tumbuh kembangnya setiap hari menjadi kebahagiaan tersendiri.  Namun ada kalanya kebahagiaan ini sedikit terganggu kala dia demam, bahkan tak jarang menyebabkan kepanikan.

Tuesday, April 24, 2018

SOBATKU ; Gaya Menabung "Jaman Now"

Bang Bing Bung yuk kita nabung
Tang ting tung yuk jangan dihitung
Tau-tau nanti kita dapat untung

Ada yang ingat penggalan lagu di atas? Iya deh iya, itu lagu lama.  Yang sempat nyanyi-nyanyiin lagu ini di masa kecilnya berarti seangkatan dengan saya hahaha. Eh tapi ya, meskipun lagu lama, pesan menabungnya masih tetap cocok dipakai hingga kini.

Ngomong-ngomong soal nabung, ada terobosan baru nih.  Yang buka rekeningnya gak pakai ribet, syaratnya gak bejibun, tempat nabungnya hanya 5 langkah dari rumah dan tanpa antrian panjang.  Namanya Simpanan Sahabat Online (SOBATKU).  Ini dia cara nabung yang praktis dan memberi peluang besar pada semua nasabahnya.  Semua orang bisa punya rekening tabungan bersama SOBATKU.  Mau kenalan sama SOBATKU? Kuy baca sampai habis

Friday, April 20, 2018

Kirim Barang Murah dan Aman? SAP Express Aja



Selamat datang di dunia digital, era dimana hampir segala aktivitas dilakukan secara online.  Mulai dari komunikasi dengan kawan dan kerabat, pekerjaan, transportasi,  hingga transaksi jual beli.  Dengan kondisi jalanan yang semakin macet karena bertambahnya volume kendaraan, bertransaksi secara online memang menjadi  pilihan yang sangat menarik, mudah dan menguntungkan.

Untuk penjual,  bisnis bisa dilakukan dari rumah atau dari mana saja.  Sembari mengurus anak dan rumah tangga.  Tak perlu membuka toko dan memajang barang dagangan, yang artinya sangat menghemat biaya sewa tempat berjualan, pun tak perlu repot-repot menata barang dagangan di rak-rak pajangan untuk menarik pembeli dan berbagai keuntungan lainnya.

Wednesday, April 18, 2018

Tampilan Baru Cah Bagus



Sejak akhir tahun kemarin, kami menyadari ada yang berbeda pada mata Prema.  Entah kenapa, seringkali intensitas berkedipnya terasa tak wajar, berkedip lebih sering terutama bila objek yang dilihat tak tepat berada di hadapannya atau tak berada dalam garis lurus pandangannya.  Tiba-tiba kepalanya menoleh, seolah menghalu bayang yang menghalang.  Bersamaan dengan kedipan yang tak biasa.  Kadangkala, saya juga melihat dia mengucek-ngucek mata seolah ada yang mengganggu pandangannya. 

Dengan pertimbangan itu, kami  kemudian memutuskan membawa Prema ke dokter mata.  Menggunakan kartu BPJS, mula-mula Prema saya ajak ke Klinik yang terdaftar sebagai fasilitas kesehatan tingkat satu di kartu kami.  Dari sana, Prema mendapat rujukan ke dokter mata.

Monday, April 9, 2018

Penghasilan Tambahan ; Eksistensi Diri atau Kebutuhan



Hari gini hanya ngandelin minta duit suami?

Perempuan itu harus punya penghasilan lho.  Kalau bisa malah mandiri secara financial.  Walaupun punya pekerjaan tetap, ada baiknya tetap punya penghasilan tambahan juga.

Sound familiar, teman-teman?

Yes.  Kalimat-kalimat diatas dan berbagai kalimat sejenis sering sekali seliweran di sekitar kita.  Baik disampaikan langsung maupun lewat status-status di media sosial oleh kawan yang sedang memprospek kita atau mengajak orang lain agar ikutan bisnis online yang dikelolanya, MLM, dll. 

Wednesday, March 28, 2018

Piring GIzi Seimbang Untuk Kesehatan Keluarga


“Sayurnya dimakan juga, ya!” kalimat yang sama terus terulang di meja makan keluarga kami sejak dulu.  Kalimat yang terus diucapkan Ibu, setiap saya dan adik siap menyantap masakan Ibu.  Setelahnya tak lupa Ibu juga menyiapkan buah potong dan segelas susu sebagai pelengkap sajian pagi sebelum kami berangkat ke Sekolah.

Ya, dulu Ibu begitu telaten menyiapkan sarapan agar kami memiliki cukup energi untuk beraktivitas seharian. Begitupun makan siang dan makan malamnya  4 sehat 5 sempurna, begitu nama pola makan yang diterapkan Ibu.  Selalu ada sayuran, yang biasanya adalah hasil kebun dari tangan dingin Bapak mengolah sebidang tanah di samping rumah, ada sumber protein dari telur atau daging ayam, hasil ternak Bapak juga.  Atau kadang protein bersumber dari ikan laut segar, yang memang cukup murah dan mudah di Kendari.  Lalu aneka buah, tetap saja panen dari kebun, jenisnya ya tergantung hasil panen dan musimnya.  Rambutan, mangga, duku, nenas, pisang dll.  Tak lupa, Ibu melengkapi kami dengan susu.

Thursday, March 8, 2018

Mengelola Keuangan Keluarga




Huft, lama banget libur nulisnya nih.  Maklumlah emak-emak suka (sok) sibuk.  Sampai ketika saya dibangunkan dari tidur panjang oleh Be Molulo, grup blogger Sultra yang mengingatkan ada tema bulanan  yang harus ditanggapi, tentang mengelola keuangan keluarga.


Err… sebenarnya saya sudah pernah menulis tema ini beberapa waktu yang lalu sih.  Seputar tips hemat ala saya agar bisa tetap senyum manis hingga akhir bulan kala membuka dompet setiap pagi.  Jadi ya, agak bingung juga sih ketika harus menulis lagi dengan tema yang sama.  Tapi baiklah, mari kita coba. Jangan menyerah kalau kata D’Massiv 

Tuesday, February 20, 2018

Doaku Harapanku di Usia 40 Tahun



 
“Menjadi tua itu pasti, menjadi dewasa itu pilihan”

Saya tidak tahu quote itu milik siapa, tapi saya cukup sering membacanya sebagai kutipan di beberapa artikel maupun dijadikan meme.  Lalu saya juga ikut-ikutan mengutip haha.  Ya, saya setuju pada untaian kalimatnya.  Karena memang pertambahan usia tak bisa kita cegah, tapi bagaimana kita berproses menjadi pribadi yang lebih baik dari hari ke hari bisa kita bentuk, bisa diniatkan dan dipelajari.


Sebulan lagi, tepatnya 30 maret 2018 (sengaja disebut tanggalnya, siapa tau ada yang mau ngirim kado #modus) sampai pada usia 39 tahun. Artinya, ini tahun terakhir saya menyandang usia kepala tiga.  Tahun depan, lagi-lagi bila masih berumur, saya akan sampai di usia 40.  Usia yang katanya matang, bijak, sukses dan bersinar.  Life begin at 40, begitu kata sebagian orang.

Saturday, February 17, 2018

Bersahabat dengan Angka Bersama Kalkulator Casio




Halooooo….


Jumpa lagi dengan cerita Arni.  Kali ini saya saya mau cerita yang ringan-ringan saja, sesuai dengan impian saya agar badan lebih ringan dan jarum timbangan yang bergerak ke kiri #ngarep


Keseharian kita tak pernah lepas dari angka-angka.  Baik langsung maupun tidak langsung, setiap hari kita sebenarnya berhitung lho.  Nih saya kasi contoh ya.  Mulai dari bangun pagi, biasanya saya minum 1 gelas air hangat.  Lalu dilanjutkan dengan memasak, mulai deh mengolah bumbu-bumbu.  Bawang merah 5 siung, bawang putih 2 siung, cabe 10 biji, tomat 1 biji, daun jeruk 2 lembar, dan seterusnya.  Itu baru satu jenis masakan.  Makin banyak memasak, makin banyak pula kita berhitung tanpa sadar.  Apalagi kalau sudah membuat jenis masakan yang bahannya harus ditakar dengan timbangan, pasti deh kita jadi bermain angka.  

Monday, February 12, 2018

Benarkah MSG Berbahaya? Cari Tahu Faktanya!



 
Foto dari memecomic.id
“Makanya kalau makan jangan kebanyakan micin, jadi bego khan Lu!”

“Anak sekarang otaknya gak dipake mikir.  Dasar generasi micin!”

Familiar dengan kalimat-kalimat sejenis? 

Yup.  Saya juga cukup sering membaca kalimat yang menyalahkan micin sebagai sumber kebodohan.  Bukan itu saja, micin juga disebut-sebut sebagai sumber dari berbagai macam penyakit mulai dari yang ringan seperti pusing-pusing, sakit kepala hingga hipertensi dan kanker.

Friday, February 2, 2018

Dongeng Ajaib, Karena Setiap Anak Adalah Keajaiban



Judul buku : Dongeng Ajaib
Penulis    : Nina Samidi, Taqarrabie, Tantri Suryokusumo, Fanny Rofalina, Rama Safrai, Vassilisa Agata, Kurnia Yuniarsih, Dandi Ukulele, Ratih Soe, Hikmawan Ali Nova, Arnellis, Irine Helmiani, Mochamad Ariyo Faridh Zidni
Ilustrasi   : Hanif Roihan, Jackson, Herlina Widyastuti, Novel Varius Rizal, Aria Nindita, Gery Adams, David Kristian Thio, Tjhang Tina, Hilman Makhluf
Penerbit     : Noura
Tahun         : 2017
Jumlah Halaman : 115


*****

Wednesday, January 24, 2018

Sex Education Pada Anak ; Ajari Anak Mengenali Diri dan Lingkungannya




Sebagai orang tua dengan anak yang bertumbuh dari hari ke hari, terkadang membaca dan mendengar berita tentang kejadian di luar sana terasa ngeri, merinding dan kadang mengenaskan.  Terutama tentang perkembangan perilaku seksual anak-anak.  Kids jaman now, begitu media sosial menyebutnya.


Pergaulan yang terasa makin bebas.  Suguhan adegan seksual tak senonoh yang begitu mudah diakses, hanya dari sebuah layar kecil dalam genggaman, membuat pengawasan terasa lebih berat.  Belum lagi ditambah kontrol sosial yang terasa makin longgar, dimana  lingkungan sekitar makin tak peduli dan menjadi egois. “Ah, bukan anak gue ini!” atau “Gak kenal.  Bodo amat!”

Tuesday, January 23, 2018

Daily Make Up Ala Arni




Hadeuh… ini judulnya  udah cem pakar make up aja deh saya.  Padahal boro-boro pakai make up, bedak dan lipstick aja pakenya kalau inget hahaha.


Jadi, ceritanya saya terjebak dalam obrolan para mamah muda yang tergabung dalam Be Molulo Blogger.  Dicemplungin ke WAG mereka sejak kopdar akhir tahun kemarin di Kendari. Itu lho kopdar ala-ala yang sukses bikin saya hampir karatan gara-gara mereka semua ngaret #masihsakitati #bahasteros hahaha.  Nah, ternyata mereka ini punya kesepakatan, sebulan sekali membuat tulisan bertema tertentu.  Dan kebetulan bulan ini, pilihan temanya adalah ‘Daily Make Up’.  Hoho pilihan tema yang berat.  Mamak langsung puyeng.

Friday, January 19, 2018

Mudik ; Sebuah Perjalanan Mencumbu Rindu



Ketika bulir-bulir rindu terasa memenuhi ruang hati, ketika romansa masa lalu seringkali lewat sekelebat dalam ingatan dan butiran hangat terasa mulai menggenang di ujung pelupuk mata setiap kali terhubung dengan yang tercinta di ujung  ponsel, inilah saatnya memutuskan untuk pulang.  Ya, pulang.  Ke kampung halaman.  Menemui yang tercinta.  Mengukir cerita baru.  Membaur dalam pelukan hangat.  Mudik, begitu kata sebagian orang.

Thursday, January 4, 2018

Yang Baru di Tahun Baru




Halo 2018


Nambah angka dalam penanggalan kalender artinya siap-siap juga dengan pertambahan angka dalam usia, berkurangnya jatah hidup dan tantangan yang lebih besar di masa depan.  


Berselancar di dinding media sosial, saya membaca banya refleksi akhir tahun disertai resolusi tahun baru.  Luar biasa, saya salut melihat pencapaian kawan-kawan, saya takjub melihat semangat dan perjuangan setiap orang.  Semua menjadi contoh buat saya agar menjadi pribadi yang lebih baik di tahun-tahun mendatang.  Di sisi lain, saya agak sedih melihat masih banyaknya perpecahan atas nama perbedaan sudut pandang, pilihan politik, keyakinan dan lain-lain.  Semoga tahun-tahun ke depan, perpecahan ini dapat berkurang.  Damai damai damai Indonesia.