Search This Blog

Saturday, February 17, 2018

Bersahabat dengan Angka Bersama Kalkulator Casio




Halooooo….


Jumpa lagi dengan cerita Arni.  Kali ini saya saya mau cerita yang ringan-ringan saja, sesuai dengan impian saya agar badan lebih ringan dan jarum timbangan yang bergerak ke kiri #ngarep


Keseharian kita tak pernah lepas dari angka-angka.  Baik langsung maupun tidak langsung, setiap hari kita sebenarnya berhitung lho.  Nih saya kasi contoh ya.  Mulai dari bangun pagi, biasanya saya minum 1 gelas air hangat.  Lalu dilanjutkan dengan memasak, mulai deh mengolah bumbu-bumbu.  Bawang merah 5 siung, bawang putih 2 siung, cabe 10 biji, tomat 1 biji, daun jeruk 2 lembar, dan seterusnya.  Itu baru satu jenis masakan.  Makin banyak memasak, makin banyak pula kita berhitung tanpa sadar.  Apalagi kalau sudah membuat jenis masakan yang bahannya harus ditakar dengan timbangan, pasti deh kita jadi bermain angka.  

Itu baru urusan dapur.  Masih berlanjut ke aktivitas lainnya.  Belanja ke warung, berhitung lagi deh.  Sampai bermain bersama anakpun biasanya kita menyebutkan angka-angka sebagai bahan permainan.  Jadi,kalau ada yang bilang matematika itu susah, matematika itu berat,  sebenarnya secara tak sadar sudah menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.  Biarlah rindu saja yang berat, matematika jangan.  Kamu gak akan kuat.  Cukup aku saja #halagh.  Eh, tapi ogah ah, gak mau bilang matematika itu berat, karena kita bisa bersahabat dengan angka.


Untuk hitung-hitungan yang angkanya berderet panjang ke kanan, memang akan terasa agak berat.  Biar gak berat hempaskan kalkulator-in ajalah.  Cukuplah cucian yang tak kunjung kering di musim hujan saja yang bikin kita puyeng, urusan ngitung pengeluaran yang udah banyak itu,  boleh kok minta bantuan pada ahlinya.  

Yuk, dihitung-hitung!
Urusan ‘main’ kalkulator ini,  saya sukanya pakai Casio.  Ish rempong amat, Mpok, kalkulator doang mah pake HP aja!” suara-suara nyinyir mulai terdengar saat saya mengeluarkan kalkulator pada suatu hari di arisan RT.  Ya, saya kebetulan didapuk menjadi bendahar di arisan lingkungan RT tempat saya tinggal.


“Ih, kalkulatornya lucuuu.  Warnanya cakep gitu.  Ringan lagi ya,” nah yang ini komen dari emak-emak yang kalau liat sesuatu yang tampak unyu-unyu langsung merespon dengan seru.


Saya memang pakainya Casio Colorful Calculator MS-7UC.  Kebetulan warnanya memang unyu.  Yellow Green (multi colour).  Warna kesukaan cah bagus dan ibu saya nih.  Hijau.  Beradu dengan sedikit kuning, hasilnya hijau segar dan cerah.  Bikin suasana hati ikutan segar dan cerah.


Alasan Kenapa Kita Perlu Kalkulator



Buat yang bertanya-tanya kenapa saya memilih bawa kalkulator, nih saya kasi 4 alasannya ya


Kalkulator membuat awet muda


Hayooo pasti ada yang bilang saya lebay deh.  Sini-sini saya bisikin alasannya.  Kalian pernah menghitung angka sampai dahinya berkerut-kerut gak? Atau pernah kesel bikin hitung-hitungan yang tak kunjung ketemu jawabannya padahal udah ngabisin berlembar-lembar kertas? 


Saya pernah.


Jadi, seperti yang saya bilang tadi, di lingkungan RT saya dipercaya menjadi bendahara yang mengelola keuangan RT.  Dari uang arisan, kas RT, dana sosial sampai tabungan warga.  Nah, masing-masing ada posnya dong, yang mana harus dipisah-pisahkan dan dihitung dengan tepat.  Jadi setiap bulan bisa dipastikan saya rempong surempong mencocokkan pemasukan dan pengeluaran di buku kas, yang jumlahnya bisa jadi terus bertambah atau ada yang berkurang karena pengeluaran.


Saat harus menghitung manual dan selisih, aih rasanya kesel banget.  Belum ditambah rengekan bocah minta makan atau ditemenin main.  Belum lagi kerjaan domestik di rumah yang juga bertumpuk.  Rasanya makin kesel to.  Kalau udah kesel, jadinya ekspresi gak bisa dikondisikan deh.  Manyun dan berkerut.  
Bawaannya pengen marah.  Duh… mudah-mudahan ini saya doang ya.  Kalian janganlah kayak saya.  Jadilah ibu yang sabar dan baik hati. 
Hitung-hitungan beres, emak bisa jalan-jalan dengan tenang.  Bar gak kurang piknik

Katanya, marah itu bikin cepat tua. Nah, saya gak dong cepat tua.  Dengan kalkulator, hitung-hitungan saya jadi lebih mudah.  Selisih keuangan bisa lebih cepat diatasi.  Saya gak jadi kesel deh. Bahkan jadi lebih banyak senyum karena urusan lekas beres.  Banyak senyum bikin awet muda khan, ya?


Kalkulator membantu  untuk lebih focus


Nah kalau yang ini, saya membandingkan dengan kalkulator di gadget.  Yup, hari gini, sesuai namanya : handphone, maka dia selalu ada dalam genggaman.  Rasanya hampir semua jenis handphone jaman sekarang memiliki aplikasi kalkulator ya.  Jadi sebenarnya, tanpa sadar kita juga  udah menggenggam kalkulator.



Tapiiii… kalkulator di handphone bikin saya kurang fokus.  Bukan apa-apa, saat buka handphone, niat awal mau menghitung budget dan sejenisnya, ealah si jempol malah buka Whatsapp, Facebook, Instagram atau Email.  Semacam auto touch gitu deh.  Trus nyangkut.  Baca obrolan, komen status teman, beri like di postingan terbaru dan seterusnya.  Lantas lupa deh niat awal mau ngitung.  Akhirnya kerjaan gak kelar.


Makanya saya milih kalkulator aja.  Gak bakalan bikin fokus terpecah.  Tuntaskan hitung-hitungan, baru deh beralih ke handphone atau kegiatan lainnya. 


Kalkulator lebih ramah lingkungan dan hemat waktu


Ada yang masih suka menghitung dengan coret-coret kertas? Ou, anak saya masih kok.  Terutama buat mengerjakan PR matematikanya.  Saya belum ijinkan dia menghitung dengan kalkulator.  Agar dia mengerti konsep dan melatih kemampuan berpikirnya.  Lagian, matematika kelas 2 SD mah angkanya paling banter baru berderet tiga doang alias ratusan ya.  Masih gampanglah dihitung dengan jari tangan atau oret-oret kertas.


Nah, buat hitungan yang lebih banyak pakailah kalkulator.  Gak banyak ngabisin kertas.  Jadi tentunya lebih ramah lingkungan.  Gak menghasilkan sampah yang menumpuk. Kalau tetangga sebelah bilangnya paperless.  


Menghitung lebih cepat tentunya juga akan menghemat waktu.  Jadi ibu rumah tangga yang mengelola keuangan keluarga sekaligus berkegiatan ini itu, tentunya perlu melakukan semua dengan cepat, cermat dan sigap.  Menghitung? Kalkulator-in aja.
 

Saya juga kebetulan dipercaya menjadi guru di sebuah Yayasan Pendidikan. Tiap akhir semester, saya tentunya disibukkan dengan memeriksa ujian siswa dan memberi nilai, yang mana semua ditarget baik waktu maupun ketepatannya.  Kadang angka-angka ini tak bulat, daripada rempong saya mah pakai kalkulator aja, sebelum kemudian dihitung dalam sistem penilaian standar yang sudah dilengkapi rumus khusus. 



Kalkulator membangkitkan kenangan masa kecil


Dulu, saya dan teman-teman suka sekali mengutak-atik angka kalkulator dan menjadikannya kalimat.  Ya, tampilan angka kalkulator khan unik, berbeda dengan yang di layar HP.  Angka-angka ini dengan pengaturan tertentu bisa jadi sebuah kalimat lho.


Saya mengajarkan ini juga ke Prema, putra saya yang berusia jelang 8 tahun.  Dia takjub sendiri deh melihatnya.  Berkali-kali bertanya,”kok bisa ya bu?” Jadi deh kami seru-seruan dengan kalkulator.  Yang paling sederhana sih mengetik angka 0,07734, lalu balikkan kalkulatornya, maka muncullah tulisan 'hello'.  Saya bernostalgia, Prema juga senang punya ‘mainan’ baru.

Masih banyak pilihan angka-angka lain tentunya yang bisa dieksplore menjadi sebuah kalimat.  Jadi, kita bisa bermain kode dengan angka-angka ini.  Seru banget ya.

Casio My Style



Pertamakali baca taglinenya Casio ini, saya langsung tersenyum. Apalagi sejak November kemarin, Casio me-launching Casio Colorful and Stylish Calculator.  Wah makin lebar senyum saya.  Tak tanggung-tanggung, ada 10 warna cantik yang bisa jadi pilihan. Casion seolah membaca kebutuhan konsumen akan sesuatu yang segar, cerah  dan stylish untuk menemani hari-hari agar hidup lebih berwarna. 


Nah, kalau saya punya yang hijau kuning, kalian bisa lho memilih warnamu sendiri.  Langsung aja masuk ke http://knowyourcolour.id dan temukan aneka warna yang sesuai kepribadian kamu.  Cobain ya, seru banget lho ngecek-ngecek warnanya.

Selain warna-warnanya yang cerah. Casio colorful and  stylish calculator ini mempunyai ukuran yang pas untuk digenggam. Tak terlalu besar ataupun kecil.  Ukuran angka di layar juga tampil dengan jelas.  Keyboard yang bersahabat dengan jari, gak bikin jempol atau telunjuk kapalan deh.  Pencet dikit aja udah nongol angkanya.



Ada tiga pilihan tipe kalkulator yang kece-kece banget :


·         Casio Colorful Calculator MS-200C dengan harga 125 ribu

·         Casio Colorful Calculator MS-70C dengan harga 90 ribu

·         Casio Colorful Calculator SL-310UC dengan harga 90 ribu


Satu lagi, kalkulator ini ringan lho.  Hanya 50 - 110 gr.  Jadi meski dibawa kemana-mana, masuk tas  ataupun saku, gak bikin nambah beban.  Memiliki daya otomatis dimana fungsi daya akan mati secara otomatis sekitar 6 menit setelah pengoperasian tombol terakhir.  Hemat energi ya.


Kalian juga berminat sama kalkulator cantik ini? Boleh banget dong ya.  Kalkulatornya bisa di beli di Matahari Mall.  Mau dapat diskon kece saat beli, pakai kode referral ini ya CASIOBLOGBI54X49. Gampang banget kok caranya, pasti semua bisa deh.  Setelah itu tinggal duduk manis di rumah, kalkuator cantik akan datang menghampiri.


Nah bagaimana teman-teman?


Masih menganggap bermain angka itu berat? Tidak lagi ya.  Dengan Casio Colorful Calculator, bermain angka bisa jadi lebih menyenangkan, bahkan bisa bersahabat, tak jadi beban dan tentunya bikin hidup kita penuh warna. Dan seperti saya yang menjadikan #CasioMyStyle tentunya kamu juga bisa.   

Jadi, apa warna pribadimu? Share yuk.



Salam

Arni


6 comments:

  1. Aku suka sama Casio yang Colorful, zaman skrng org kyknya makin jarang punya kalkulator ya krn pakai gadget masing2 utk menghitung. Tapi aku punya biasanya suka kupakai buat anak2 belajar angka (bukan berhitung, msh angka aja hehe) :D

    ReplyDelete
  2. walau sekarang ada kalkulator digital, tetap ga bisa gantiin enaknya pencet kalkulator beneran ya :p

    ReplyDelete
  3. wah bener itu bagian ngitung pakai hp eh malah sosmedan, terus lupa tadi mau ngapain. aku suka yg hijau juga

    ReplyDelete
  4. Salfok ama senyumnya cah ganteng Prema.. 😊😊 aku juga yang termasuk masih lebih nyaman ngitung pake kalkulator beneran (errr maksudnya bukan kalkulator yang di gadget) terutama kalo di kantor.

    Btw kalkulatornya warnanya unyu banget ya.. Ijo royo-royo. Seger ngeliatnya

    ReplyDelete
  5. Aku juga lebih suka pake kalkulator kalo ngitung. Mudah fokus. Aku punya 3 kalkulator Casio hitam 12 digit. Kembaran ama suami dan anak lanang. Hehe. Biar gak saling pinjem. Selalu kubawa kemana2. Kayak suamiku juga selalu dibawa dalam tas kerjanya. Manfaat banget pokoknya. Sekarang kalkulator banyak pilihan warna. Unyu2...

    ReplyDelete
  6. Cocok banget nih buat bu Bendahara RT biar makin fokus ngitungnya yaa..

    ReplyDelete