Search This Blog

Thursday, June 7, 2018

Mau Apa Aja? Cari Aja!




Yuhuuu teman-teman apa kabar? Semoga semua dalam keadaan sehat ya.  Tak terasa, sebentar lagi masa liburan tiba.  Anak sekolah malah udah nyantai banget ya, tinggal nunggu jadwal cuti bersama Ayah dan Ibunya.  Jadi kemana rencana liburan teman-teman?

Bedewei eniwei buswei teman-teman pastinya pernah ya ngalamin saat liburan lalu bingung nyari-nyari tempat makan, wisata, ATM bahkan SPBU.  Namanya datang ke tempat baru, pastinya kita belum begitu mengenal medan, bahkan nama-nama jalan aja belum tahu.  Lalu kita mengandalkan tanya-tanya ke orang sekitar deh.

Tapi itu dulu.  Sekarang, jaman dimana semua orang melek teknologi.  Hampir semua informasi tersedia secara digital.  Seolah dunia berada dalam genggaman.  Lewat Handphone, kita bisa terhubung dengan siapa saja di belahan bumi mana saja.  Tinggal bagaimana menggunakannya dengan baik agar menjadi sumber informasi yang bermanfaat.
 
Yuk, berkenalan dengan Cari Aja!
Meski begitu, terkadang informasi yang tersedia di mesin-mesin pencarian digital juga kurang lengkap.  Sebagian besar menyajikan data lokasi yang memang sudah punya nama dan berlokasi strategis.  Sementara, beberapa tempat yang menyajikan produk yang tak kalah menarik kurang mendapat perhatian masyarakat karena letaknya kurang strategis serta adanya keterbatasan pengetahuan dan informasi akan lokasi setempat.  

Kini, hal-hal seperti itu tidak lagi menjadi masalah dengan menggunakan aplikasi Cari Aja, aplikasi yang menyediakan informasi lengkap hingga ke lokasi-lokasi yang terletak di pedalaman.

Berkenalan Dengan Cari Aja

Kamis, 31 Desember 2018 kemarin, saya dan kawan-kawan Blogger Bogor berkesempatan hadir dalam bincang-bincang santai dengan Cari Aja.  Pada kesempatan itu hadir bapak Irwan Wijaya selaku Head of Creative dan Ibu Fera selaku Head of Marketing Cari Aja.

Head of Creative PT. Cari Aja : Bapak Irwan Wijaya
Diluncurkan di Google Playstore dan Apple App Store pada Januari 2018 lalu, Cari Aja hadir dengan harapan dapat membantu memberi informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat.  Telah di download oleh lebih dari 1000 pengguna dengan mayoritas pengguna di daerah Jabodetabek,Bandung, dan Surabaya.  

Saat ini, sebagian besar informasi yang tersedia masih untuk daerah Bogor dan sekitarnya.  Menurut Ibu Fera, memang awalnya cari aja ditujukan untuk memperkenalkan kebudayaan serta kuliner Bogor yang khas dan beragam. Namun, makin kesini, kebutuhan masyarakat akan informasi daerah-daerah tujuan liburan semakin besar, sehingga kedepannya fitur pencarian akan terus dikembangkan, pun demikian luasan wilayah yang dijangkau juga turut berkembang.  Bahkan tidak menutup kemungkinan, Cari Aja juga akan menyediakan informasi dari luar negeri.

Bapak Irwan dan Ibu Fera dalam sesi tanya jawab
Gimana sih cara menggunakan aplikasi Cari Aja?

Cara kerjanya sangat mudah. Download dulu deh aplikasinya di App Store, setelah itu siap deh berselancar mencari informasi yang dibutuhkan.  Beberapa fitur yang tersedia antara lain, tempat makan dan wisata, mini market, SPBU, ATM, Bank, tempat perbelanjaan, kesehatan, hotel, otomotif, transportasi, edukasi, hiburan, gedung dan perkantoran, kecantikan dab olahraga.  Dari berbagai kategori ini, saat diklik, akan menghadirkan turunan informasi yang lebih spesifik dan tepat sesuai kebutuhan pengguna.

Tersedia lebih dari 50 item yang bisa di cari dengan Cari Aja
Sebut saja, misalnya kita membutuhkan informasi ATM, akan hadir pilihan ATM Bank apa yang kita cari.  Bagian menariknya, terdapat fitur terdekat atau near me, dimana pengguna akan langsung mendapatkan informasi lengkap semua tempat yang ada di sekitar kita dalam radius 5 kilometer.  Dengan fitur ini, sebuah tempat akan lebih mudah ditemukan sehingga kita bisa dengan mudah memutuskan akan menuju ke arah mana untuk mendapatkan lokasi yang kita butuhkan.  Bukan hanya ATM, fitur-fitur lainnyapun menyajikan informasi dengan cara yang sama. 

Ketika memilih ATM, maka akan tersedia turunan pilihan Bank yang kita butuhkan.  Lalu klik near me, maka kita akan terhubung dengan ATM terdekat

Kelebihan lainnya, untuk para pemilik usaha, dapat memanfaatkan fitur “add place” unttuk menambahkan tempat usahanya ke dalam database Cari Aja untuk meningkatkan visibilitas dan mengundang pengunjung.  Sangat praktis dan efektif, cukup mengandalkan gadget.

Fitur add place dapat dimanfaatkan untuk menambahkan tempat baru yang direkomendasikan

Untuk pengguna lainnya, juga diharapkan dapat aktif memberi review terhadap sebuah tempat.  Selain dapat meningkatkan kepercayaan konsumen, review juga membantu pengguna lainnya yang membutuhkan informasi serupa.

Satu lagi fitur yang tak kalah menarik adalah “Favorit” dimana kita bisa menandai tempat-tempat favorit kita sehingga kelak saat akan mengunjunginya kembali akan mempermudah pencarian.  Pun menjadikan tempat ini lebih terpercaya karena adanya rekomendasi favorit dari pengguna.



Mau Apa Aja, Cari Aja…!

Asyik banget ya fitur-fiturnya.  Karya anak bangsa yang hadir melengkapi kebutuhan informasi di era digital. Sekarang, tentunya sudah tak bingung lagi bila berkunjung ke daerah baru.  Dimanapun kita berada, akan lebih mudah mencapai tempat tujuan dengan cari aja.

Oh ya, buat kamu-kamu yang rajin berbagi info di Cari Aja, akan mendapat bonus poin lho. Bonus poin ini akan bertambah setiapkali kalian melakukan aktivitas positif di Cari Aja.  Buat apa poinnya? Ya buat macam-macam, nanti akan ada penawaran menarik dari Cari Aja yang bisa ditebus dengan memanfaatkan poin yang kita miliki.

So, tunggu apalagi.  Segera lengkapi gadgetmu dengan aplikasi ini. Langsung download ya. Jangan lupa tambahkan reviewmu untuk tempat-tempat kece yang kamu kunjungi.  Bisa juga sekalian menambahkan informasi tempat baru yang mungkin masih jarang dikunjungi padahal punya potensi luar biasa.

Mau apa aja, Cari Aja…!
Blogor, Media dan Cari Aja. Foto : Tim dokumentasi Cari aja
 
Salam

Arni


No comments:

Post a Comment