Search This Blog

Wednesday, July 17, 2019

Voluntrip, Siapa Takut?



Pernah dengar istilah voluntrip? Hayo apa cobaaaaa…
Yak benar. Volunteer Trip.  Ngetrip sembari menjadi volunteer.  Traveling sambil berbagi dengan , masyarakat setempat, bisa dengan orang dewasa maupun anak-anak.  Liburan pasti akan terasa berbeda deh, karena berbagi itu menyenangkan.

Saya suka mengajar.  Di tulisan-tulisan terdahulu berkali-kali saya sampaikan bagaimana semesta bekerjasama memberi saya kesempatan untuk mengajar.  Karena itu,  kalau saya diberi kesempatan untuk menjadi relawan ke daerah-daerah tertentu apalagi daerah terpencil, pastinya pilihan saya adalah mengajar, terutama ke anak-anak.  Hati saya selalu hangat saat melihat binar mata dan gelak tawa anak-anak dengan wajah polosnya.

Tuesday, July 16, 2019

Pengalaman Menjadi Broker Valas



Menuliskan ini, ingatan saya melayang ke masa-masa belasan tahun lalu, ketika baru saja usai wisuda dan masih mencari-cari peluang untuk bekerja.  Sebuah perusahaan valuta asing yang baru buka di Kendari menawarkan kesempatan kerja.  Saya mencoba melamar dan diterima

Asiiik… masuk dunia kerja yang sesungguhnya nih,” pikir saya

Sebelumnya sih kerja juga, ikut magang di proyek-proyek dosen.  Setahun terakhir masa kuliah  saya lebih banyak di lapangan, ngerjain proyek dosen.  Disamping nyambi menjadi asisten dosen di laboratorium.  Tapi khan hitungannya masih kuliah ya.  Jadi yang beneran kerja pertawa ya di kantor Valas ini.

Monday, July 15, 2019

Membangun Kerjasama Jangka Panjang



Meski tak lagi bekerja kantoran, beberapa  aktivitas yang saya lakukan pasca resign tetap saja membutuhkan perhatian dan keseriusan.    Bukan sekedar pengisi waktu yang dilakukan asal-asalan atau suka-suka sesuai mood. 

Saya gak tahu kenapa, beberapa kali bekerja di tempat yang berbeda, selalu saja ditempatkan sebagai pengajar/trainer.  Sewaktu masih sekolah dan kuliah, kalau ada giliran presentasi kelompok, saya selalu ditunjuk sebagai juru bicara.  Saya juga sempat menjadi asisten dosen.  Lulus kuliah, saya coba-coba melamar pekerjaan di salah satu perusahaan valas, dan diterima sebagai marketing.  Belum juga sempat turun lapangan, saat teman-teman lain dilepas mencari nasabah pasca training saya justru “ditahan” sebagai trainer.

Sunday, July 14, 2019

Kerja Asyik Kerja Bahagia Dimana Saja



Yuhuuu lanjut cerita bersama ceritaarni yuk…

Kali ini saya mau cerita tentang  suka duka setelah resign dari kerjaan rutin kantoran.  Kalau dulu saya tiap hari bangun subuh, masak buat sarapan dan bekal makan siang, lalu bergegas mandi, berkemas dan cap cus ke stasiun agar tak ketinggalan kereta.  Lanjut duduk di belakang meja, ngadep computer sampai sore dan mengulang adegan lari-lari ke stasiun untu kemudian pulang.  Nyampe rumah udah malam.

Begituuuu aja terus selama 9 tahun.

Saturday, July 13, 2019

Halo Anak Indonesia, Berbahagialah!



Aku Anak Indonesia


Karya : A.T. Mahmud

Aku anak Indonesia
Anak yang merdeka
Satu nusaku
Satu bangsaku
Satu bahasaku

Indonesia
Indonesia
Aku bangga menjadi
Anak Indonesia

Pending di khatulistiwa
Tanahku indonesia
Ribu pulaunya
Ragam sukunya
Satu jiwa raganya

Indonesia
Indonesia

Aku bangga menjadi
Anak Indonesia

Aku anak Indonesia
Anak yang merdeka
Satu nusaku
Satu bangsaku
Satu bahasaku

Indonesia
Indonesia
Aku bangga menjadi
Anak Indonesia
Aku bangga menjadi
Anak Indonesia

Aku anak Indonesia
Anak yang merdeka

Thursday, July 11, 2019

Mencicipi Kuliner Lokal di Pasar Kemuning Karanganyar



Tak terasa kita sudah tiba di hari kamis.  Sebentar lagi akhir pekan dong ya.  Ada yang sudah punya rencana jalan-jalan di akhir pekan? Enaknya  kemana yaaa….

Ada banyak pilihan aktivitas di akhir pekan.  Wisata, nonton, ke toko buku bisa jadi pilihan.  Untuk genre film, sudah kita bahas 2 hari yang lalu.  Sesuai selera masing-masing lah ya.  Toko buku juga udah dong kemarin.  Nah kali ini ada satu tempat lagi yang asik buat dikunjungi lho, yaitu pasar tradisional.

Iya. Kalian gak salah baca kok.  Beneran pasar tradisional.

Wednesday, July 10, 2019

Toko Buku, Tempat Menyepi dan Menepi Terindah



Halo semua…

Cerita Arni kembali dengan cerita-cerita keseharian.  Kalau kemarin kita bahas film, kali ini kita akan membahas tentang toko buku.  Masih ingat gak, kapan terakhir kalian ke toko buku? Seminggu, sebulan atau bahkan setahun yang lalu?

Di era digital kayak gini buku-buku juga turut hadir dalam versi digital.  E-book istilah kerennya.  Nya Semangatnya sih bagus.  Selain lebih praktis karena bisa baca via gadget, e-book juga paperless tentunya.  Lebih ramah lingkungan karena tak memakai kertas-kertas yang diproduksi dengan mengorbankan batang-batang pohon.

Tuesday, July 9, 2019

Genre Film Favoritku



Film, siapa sih yang tak pernah nonton film sama sekali? Di era digital ini, film bisa diakses kapan saja, darimana saja.  Tak harus lewat televisi, bahkan gadget dalam genggamanpun bisa menyajikan tontonan yang kita inginkan.

Saya, sangat jarang nonton TV.  Makanya kalau pas ngumpul sama emak-emak di sekolah Prema dan mereka bahas sinetron, saya hanya bisa bengong. Gak tahu.  Gak ngerti mereka bahas apaan.  Pernah saya sampai dicap sombong, “iya deh yang tontonannya TV kabel…!” gitu katanya

Monday, July 8, 2019

Ketika Hobby Membawa Bahagia



Halo teman-teman pembaca cerita arni…

Apa kabar kalian? Tak terasa kita sudah memasuki semester kedua di tahun 2019 ya.  Bagaimana resolusinya, apakah sudah terwujud, sedang dalam proses atau malah berganti dengan resolusi lain? Apapun itu, nikmati semua prosesnya dengan bahagia ya.  Karena hidup itu indah.  Kegagalan hari lalu cukup jadi pelajaran, bukan penyesalan yang menumpuk lalu menjadi beban. Setuju yaaaaa

Wednesday, June 19, 2019

Wujudkan Generasi Emas Indonesia berawal dari Kampus Tanpa Rokok



Mas, maaf, asap rokoknya mengganggu.  Bisa tolong dimatikan?” pinta saya pada seorang pemuda yang berdiri tak jauh dari tempat kami sore itu.  Kami sama-sama sedang di stasiun kereta Universitas Indonesia (UI), menunggu kereta arah Bogor.

Mas-mas yang dari penampilannya saya taksir sebagai mahasiswa itu menoleh.  Ekspresinya langsung tak nyaman.  Dengan jutek di menjawab, “Lha saya merokok di sini kenapa situ yang rempong. Ini khan tempat umum.  Kalau gak mau kena asapnya ya jangan dekat-dekatlah!”

Friday, May 31, 2019

Bolu Jeruk No Mixer No Oven



Beberapa hari lalu teman sekolah Prema main ke rumah,  rupanya dia baru saja panen jeruk di halaman depan rumahnya.  Kebagian deh kami sekresek jeruk peras.  Jeruknya manis dan berair banyak banget.  Dibuat es jeruk udah.  Bahkan diminum begitu saja langsung dari perasan jeruknya tanpa tambahan apa-apa juga udah enak banget.  Terus saya bingung, enaknya diapain lagi ya ini jeruk-jeruk yang masih antri.

Aha..!!! saya teringat resep bolu jeruk yang pernah saya baca di lapak seorang teman dan belum pernah saya coba.  Yang bikin saya tertarik, resepnya simple, tanpa mixer dan tanpa oven.  Wah pas banget ini buat yang gak punya peralatan rumah tangga seadanya di rumah.  Kalau di resep teman, bolunya dikukus.  Nah kali ini saya mau coba bikin dengan rice cooker.  Yes, kalian gak salah baca kok.  Ini beneran rice cooker yang buat masak nasi itu.  

Thursday, May 30, 2019

Puding Lumut Margarin dengan Pewarna Alami



Hai hai hai

Lama banget rasanya gak bercerita di sini.  Harap maklum, kadang saya terlalu (sok) sibuk sama rumah yang satu lagi.  Suka merasa bersalah sih sebenarnya karena jarang update di sini, padahal yang mau diceritain banyak banget.  Apa daya, aku tak kuasa.

Teman-teman tersayang….

Monday, April 1, 2019

Meniti Tangga 13 Tahun



“Aku tidak peduli seberapa banyak kekuranganmu.  Mencintai satu saja kelebihanmu, itu sudah cukup bagiku.  Aku selalu minta sama Tuhan agar membuat hatiku jatuh sejatuh-jatuhnya, hanya kepadamu,”

Aiiiih so sweet.  Hatiku hangat.  Aku meleleh.

Wait! Itu hanya penggalan kutipan dari film “The Perfect Husband”.  Kalimat yang bikin saya terkenang-kenang dan susah move on usai menonton filmnya.  Bahkan, karena nonton via HP saya sampai memutar berkali-kali khusus bagian ini saja #guemahgituorangnya

Friday, March 29, 2019

Kerukunan Antar Umat Beragama Untuk Indonesia Damai



Kamis, 28 Maret 2019 bertempat di Sahira Butik Hotel, Paledang, Bogor, kami dari WHDI (Wanita Hindu Dharma Indonesia) dan PHDI (Parisadha Hindu Dharma Indonesia) Kota Bogor bergabung dengan 100 peserta lainnya, lintas agama, mengikuti Sosialisasi Regulasi Terkait Kerukunan Umat Beragama di Kota Bogor”

Acara yang menarik.  Begitu memasuki lobby hotel, saya merasa sangat Indonesia.  Senyum ramah para peserta dan panitia, saling menyapa dan berjabat tangan.  Di luar identitas berupa pakaian yang dikenakan, kami semua sama sebagai warga Bogor dan rakyat Indonesia. Berkumpul bersama untuk sebuah semangat menjaga kerukunan antar umat beragama.

Friday, January 25, 2019

Mau Kencan Bareng Dinosaurus? Jatim Park 3 Aja!




“Bu, sekarang itu masih ada gak sih dinosaurus?” tanya Cah bagus usai nonton film Jurassic Park beberapa waktu yang lalu untuk kesekian kalinya di layar kaca

Prema (emak bapaknya juga sih) memang gak pernah bosa dengan film ini.  Meski sudah nonton berkali-kali, tetap efek tegang dan serunya tak pernah berkurang.  Petualangan bertemu dan menyelamatkan diri dari Dinosaurus si hewan purba selalu menarik untuk disimak.

Tak cukup hanya film, Prema juga punya beberapa mainan dinosaurus, berupa miniatur patung-patung kecil gitu.  Juga buku-buku tentang Dinosaurus yang mengupas tuntas tentang jenis, tempat hidup, sumber makanan dan seterusnya.  Pokoknya segala tentang Dino, selalu membuat dia excited.

Wednesday, January 16, 2019

10 Tahun Kemudian




Beberapa hari terakhir media sosial diramaikan dengan hastag #10yearschallenge yang ditandai dengan diunggahnya foto-foto netizen dalam perbandingan 10 tahun, 2009 vs 2019.  Seru aja melihatnya.  Betapa waktu berlalu begitu cepat, melesat bagai anak panah dan tak mungkin diputar kembali.  Membuka kembali file-file lama sekaligus menghadirkan kembali kenangan yang mengikutinya.  Banyak cerita lama yang terungkap kembali, banyak kisah manis yang menyertai, banyak perubahan yang nampak terpampang nyata.