Search This Blog

Thursday, May 30, 2019

Puding Lumut Margarin dengan Pewarna Alami



Hai hai hai

Lama banget rasanya gak bercerita di sini.  Harap maklum, kadang saya terlalu (sok) sibuk sama rumah yang satu lagi.  Suka merasa bersalah sih sebenarnya karena jarang update di sini, padahal yang mau diceritain banyak banget.  Apa daya, aku tak kuasa.

Teman-teman tersayang….

Saya mau cerita tentang penghuni baru di dapur mungil saya nih.  Blender baru berwarna biru.  Blender Cosmos tipe CB-801. Mendarat dengan manis minggu lalu dan bikin tak sabar untuk mencobanya.  Begitu dibuka, aww saya langsung jatuh cinta sama warnanya yang manis.  Warna favorit sejak dulu.  Pas bener, blender lama udah sering ngambek.  Mungkin dia lelah karena kebanyakan muter.

Nah, sebagai percobaan pertama saya membuat “Puding Lumut Margarin”.  Biar lebih joss, puding lumutnya menggunakan pewarna alami dari daun pandan dan daun suji. Biar wanginya lebih nampol dan rasanya tentu lebih enak.  Berikut resepnya

Bahan-bahan puding

Puding Lumut Margarin

Bahan puding lumut :

1 bungkus agar bening (saya pakai swallow)
150 gr gula pasir
125 gr santan (saya pakai santan instan, males merasnya)
550 ml air
Juice pandan + daun suji
2 btr telur dikocok lepas                                                                      
¼ sdt garam
1,5 sdt esen vanilla (saya gak pakai)
 
Saring jus pandan + daun suji sebagai pewarna alami
Cara membuat :
    1. Blender daun pandan + daun suji dengan Cosmos Blenz.  Saring
    2. Campurkan semua bahan kering lalu tambahkan dengan pewarna alami, santan dan air.  Saring agar tidak ada bahan yang menggerindil
    3. Masak semua dengan api sedang, aduk pelan sampai mendidih dan mengental sehingga menghasilkan lumut.  Jika ingin lumut tampak besar, aduk pelan.  Jika ingin lebih halus, aduk lebih kencang dan banyak.  Ketebalan lumut sesuai selera
    4. Biarkan hingga uap panas menghilang dan sedikit dingin lalu tuang dalam cetakan agar lumut tidak terpisah dengan airnya

Bahan puding margarin :

2 btr kuning telur
100 gr margarine
½ kaleng susu kental manis
1 bungkus agar bening
550 cc air putih

Cara membuat :
1.  Aduk rata margarine, kuning telur dan susu kental manis
    2.  Rebus agar dengan air hingga mendidih lalu tambahkan adonan margarine.  Aduk lagi hingga mendidih
    3. Tuang perlahan ke puding lumut yang sudah di dalam cetakan.  Pastikan lapisan atas puding lumut sudah terbentuk agar adonan tidak bercampur.  Saya memakai sendok sayur. 
    4.  Dinginkan dalam lemari es
    5.  Puding siap disantap

Mudah khan? Dijamin ketagihan deh sama rasanya.  Aroma pandan dan hijau alami dari daun sujinya itu bikin jatuh cinta.  Makan sepotong gak cukup rasanya.  Apalagi belakangan ini cuaca sedang hot-hotnya.  Duuuuh rasanya pengen ngabisin puding seloyang haha.  Buat buka puasa selama Ramadhan juga cocok nih, segar dan manisnya gak bikin tenggorokan protes. 



Nge-Blenz halus dan cepat, Cosmos Blenz Aja

Nah, tadi saya khan cerita ya kalau ini percobaan memakai cosmos blenz.  Waktu ngeblenz daun pandan dan daun suji itu, saya memilih memakai  Low Speedbutton.  Karena yang digiling adalah bahan lembut saja dan tak terlalu banyak.  Itupun terasa cepet bener halusnya.  Kayaknya kurang dari 3 menit deh.  Saya sampai kaget.  Hasilnya juga halus dengan warna hijau alami yang cantik banget.  Begitu tutup blender dibuka, aroma pandan nan wangi langsung menguar di udara.  Wah benar-benar blender terbaik nih.

Seperti blender pada umumnya, Cosmos Blenz dilengkapi dengan dua tabung, besar dan kecil.  Biar lebih jelas,  ini dia alasan kenapa harus pilih Cosmos Blenz :

    *  Dilengkapi dengan teknologi canggih : bisa berhenti sendiri (saat tak dioperasikan tak perlu ditungguin mesin akan berhenti sendiri)
    *  Bisa nge-blenz sendiri, tak perlu diaduk manual
    *  Glass Goblet (tabung kaca) berkapasitas besar hingga 1,5 liter
    *  Daya kecil, hanya 250 Watt
    *  Memiliki dua jenis mata pisau yang berbeda.  Masing-masing untuk melumat bahan cair (jus buah, sayur, smoothie, susu kocok dll) dan menggiling bumbu baik bumbu kering maupun bumbu basah.  Untuk menggiling bumbu disarnkan menggunakan gelas penggiling
    *   Memiliki safety lock system (kunci pengaman) dimana blender tidak akan menyala apabila belum terpasang dengan benar
    *   Dilengkapi anti slip (karet hisap) yang akan mencegah blender bergeser saat sedang dioperasikan.
    *   Terdapat tiga pilihan tompol pengoperasian yaitu : pulse/clean, high dan low.  Penggunaannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan jenis bahan yang akan digiling. 


Untuk menghentikan saat pengoperasian, cukup menekan salah satu tombol saja.  Waktu saya nge-blenz daun pandan dan daun suji, saya menghentikan putaran blender dengan cara ini.  Karena saya lihat gilingannya sudah cukup halus sesuai dengan keinginan. 

Nah, gimana teman-teman udah jatuh cinta belum sama blender cakep ini?  

Sebelum lanjut, saya juga mau infoin yang gak kalah menarik nih.  Sebentar lagi Cosmos bakal mengeluarkan blender tipe terbaru CB-812 G yang tentunya memiliki performa yang lebih kece lagi.  Glass Goblet yang berkapasitas lebih besar hingga 2 ltr, dan berbagai kelebihan lainnya.

Kalau teman-teman tertarik ingin memiliki blender kece ini, ada dua pilihan warnanya yaitu biru seperti yang saya punya dan pink.  Bisa dibeli di took elektronik, supermarket, juga via online di marketplace seperti Lazada, Tokopedia, Shopee (Official Store Cosmos).

THR udah keluar khan?
Kasi senyum manis deh ke babang sayang, biar dikadoin cosmos lebaran ini

Yuk berkreasi dengan Cosmos Blenz dan ciptakan hidangan lezat untuk keluarga tercinta

Saya #BanggaCosmos


Salam
Arni




12 comments:

  1. Ah kaka pudingnya bikin ngiler banget nih. Asli!
    btw, bahan dan cara buatnya juga mudah banget yaah. Bisa langsung di praktekan dirumah ehehe

    ReplyDelete
  2. aku peralatan dapur juga banyak yang pakai cosmos mbak, memang paling juara kualitasnya. Duhh puding lumutnya terlihat mengiurkan, kapan-kapan coba bikin ah.

    ReplyDelete
  3. Saved resepnya. Anak saya suka banget nih kalau buat puding. Hem... Seger melihatnya juga ya warnanya sudah sangat menggoda.

    ReplyDelete
  4. Enak nih puding nya, dibantu dengan cosmoc blend nya makin terasa deh puding nikmatnya.

    ReplyDelete
  5. Emang produk Cosmos itu helpfull banget. Apalagi bagi pencinta masak memasak. Seperti buat puding ini.

    ReplyDelete
  6. Dari judul kulinernya agak menarik jiwa buat dicoba, pas lihat bentuknya kok jadi pingin makan berkali kali,bolehkan 😂

    ReplyDelete
  7. Oh jadi warna kuningnya itu dari margarin dan telurnya ya bu?
    Wah bisa nih dicontek resepnya. Itu sih camilan mengenyangkan. Mayan buat anak2 kalau mereka lagi pd malas makan :D

    ReplyDelete
  8. Puding lumutnya itu mah enak banget mba. Anak-anak paling doyan deh puding lumut. Aku mau coba bikin ah.

    ReplyDelete
  9. Cantik sekali hasilnya. Blender ya halus banget ya. Ga susah jadinya

    ReplyDelete
  10. Terima kasih sudah share resep puding lumut margarin'a mba. Aku mau coba kreasi deh sama mama di rumah.

    Itu tampilan pudingnya mirip puding jagung yang lagi ada di rumah nih*

    ReplyDelete
  11. Keren deh pakai pewarna alami. Biar lebih sehat, ya. Gampang sih ya sekarang kalau mau pakai pewarna alami kan. Tinggal blender.

    ReplyDelete