Search This Blog

Thursday, January 4, 2018

Yang Baru di Tahun Baru




Halo 2018


Nambah angka dalam penanggalan kalender artinya siap-siap juga dengan pertambahan angka dalam usia, berkurangnya jatah hidup dan tantangan yang lebih besar di masa depan.  


Berselancar di dinding media sosial, saya membaca banya refleksi akhir tahun disertai resolusi tahun baru.  Luar biasa, saya salut melihat pencapaian kawan-kawan, saya takjub melihat semangat dan perjuangan setiap orang.  Semua menjadi contoh buat saya agar menjadi pribadi yang lebih baik di tahun-tahun mendatang.  Di sisi lain, saya agak sedih melihat masih banyaknya perpecahan atas nama perbedaan sudut pandang, pilihan politik, keyakinan dan lain-lain.  Semoga tahun-tahun ke depan, perpecahan ini dapat berkurang.  Damai damai damai Indonesia.

Nama Domain Baru Rasa Lama


Ngomong-ngomong soal yang baru, bukan hanya tahun saja yang berganti.  Kalau teman-teman ngeh, saat ini kalian sedang membaca tulisan saya dengan alamat baru di www.ceritaarni.com


Bukan.  Saya bukan nambah blog lagi.  Belum sanggup saya beternak blog banyak-banyak.  Sudah punya itsmearni.wordpress.com yang merupakan pindahaan dari Multiply, rumah maya pertama saya, kemudian www.ngiringmelali.com yang berniche  Traveling dan Kuliner, lalu sebelumnya emakcihuy.com yang isinya gado-gado ini.


Yes, yang sedang teman-teman baca sekarang adalah blog baru rasa lama.  Pergantian nama domain dari emakcihuy(dot)com menjadi ceritaarni(dot)com.


Begini ceritanya


Sebentar.  Saya narik nafas panjang dulu.  Masih sedih soalnya. Hiks.

Akhir tahun kemarin, tepatnya tanggal 24 pagi, saat akan mempublikasikan sebuah artikel, saya mendapat kejutan tak bisa diaksesnya blog ini.  Huwaaa…. Saya sedang  dikejar deadline.  Artikel harus dipublish secepatnya.  Bukan hanya soal tenggat waktu, tapi juga karena saya akan sangat rempong sekian hari ke depan sehingga kemungkinan tak akan sempat ngeblog.  Aduh! Saya panik!


Ya, saya memang teledor.  Sebuah kesalahan teknis (dan fatal) di penghujung tahun.  Konsultasi sana sini, saya mendapat beberapa masukan dan alternatif.  Lagi-lagi saya bimbang.  Meneruskan emakcihuy(dot)com, namun kemungkinan baru bisa aktif kembali dalam waktu paling cepat 1 x 24 jam, mengembalikannya ke emakcihu(dot)blogspot(dot)com dengan catatan, saat emak cihuy.com bisa diakses akan langsung terhubung kembali kesana atau mengganti nama domain sehingga bisa langsung diakses, tentunya dengan resiko semua DA PA dan ranking-ranking (an) blog itu mulai dari nol.


Huft. Tarik  nafas lagi deh.  Dengan banyak pertimbangan, akhirnya saya memutuskan mengganti nama domain.  Tak apalah mulai dari nol.  Semoga ke depannya bisa lebih baik lagi dalam menulis.  Semoga ceritaarni bisa benar-benar bercerita dan berbagi yang baik, positif dan bermanfaat.  Bukan sekedar curhat alay ala emak-emak narsis #selfreminder


PR selanjutnya adalah merapikan link-link dalam artikel di blog ini.  Karena beberapa artikel memang memiliki keterkaitan satu sama lain, sehingga sebagian link tak dapat diakses.  Fyuuh… beresin satu persatu deh.  Mudah-mudahan semangatnya masih berkibar buat ngurus printilan ini.


Melalui tulisan ini juga saya sampaikan pemohonan maaf  kepada teman-teman semua yang mungkin dalam blog kalian ada link menuju emakcihuy(dot)com.  Mungkin akan agak merepotkan jadinya, karena kalian harus memperbaiki/mengedit beberapa link agar tak menjadi broken link yang menyebabkan value blog kalian berkurang.  Maafkan saya.  Sekiranya berkenan, boleh diedit menjadi ceritaarni(dot)com atau silakan dihapus sekalian.  Sekali lagi, saya mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. 


Tahun Baru, Foto Keluarga Baru



Yeaaay setelah tadi curhat yang (agak) sedih, saya juga punya dong cerita bahagia di awal tahun.  Jadi ceritanya, akhir tahun ini kami diberi rejeki yang cukup sehingga bisa liburan (sekaligus) mudik ke kampung halaman saya, tanah kelahiran, Kendari.  Dalam diri saya memang mengalir darah Bali sih, tapi saya lahir dan besar di Kendari.  Saya menghabiskan masa kecil hingga remaja di Kendari. Bahkan kedua orang tua saya sampai sekarang menetap di Kendari.  Jadi ya, kalau ada yang tanya kampung saya dimana, dengan yakin saya menjawab : KENDARI.

 

Bonusnya lagi, 2 hari menjelang keberangkatan, tiba-tiba kami mendapat kejutan dari Bali, bahwa Nini (mertua saya) ingin liburan ke Bogor.  Kangen anak cucu katanya *mantunya jugaaaaa*.  Nah daripada jadi tertunda lama ketemuannya karena kami sudah terlanjur membeli tiket pesawat ke Kendari, jadi kedatangan Nini ke  Bogor dipercepat.  Sehari sebelum kami berangkat ke Kendari Nini datang dari Bali, lalu keesokan harinya diboyong sekalian deh ke Kendari.

Yang paling bikin bahagia adalah kami berhasil memberikan kejutan buat Ibu saya.  Setelah "drama kebohongan" yang mengatakan kami gak bisa pulang liburan kali ini, nyatanya kami tiba-tiba datang, tanggal 27 Desember 2017, pukul 7 pagi, mengambil penerbangan dini hari, di pukul 3.  Tepat di hari ulang tahun Ibu ke 59.  Pagi yang penuh haru.  Saat tangis pecah, sembari berpelukan.


Yeaaay….


Jangan ditanya betapa bahagianya saya.  Melewatkan tutup tahun, menyambut tahun baru bersama doa dan tawa bahagia dalam pelukan orang-orang tercinta, di kampung halaman.   Sungguhlah sebuah bahagia yang tak bisa dinilai dengan angka-angka pada harga tiket pesawat yang melambung.  Bahagia yang tak bisa diukur dengan luasnya daratan atau lautan.  Bahagia ini tak terkira.


Bangun pagi di rumah masa kecil.  Mengenang semua kisah manis.  Bercengkerama di teras rumah.  Memeluk Bapak Ibu kapan saja.  Bercerita apa saja.  Ah rasanya tak cukup kata untuk menceritakan.  Pokoknya saya bahagia.
Keluarga kecil kami.  Mertua saya. Bapak dan Ibu.  Keluarga kecil adik saya
 
Bapak Ibu dan ketiga cucunya




Biar lengkap, rasanya layak banget momen seperti ini diabadikan.  Sebelum kembali bertolak ke Bogor, kami menyempatkan meluangkan waktu ke studio foto.  Saya ingat, terakhir kali buat foto keluarga seperti ini sekitar 2 tahun lalu, momen yang sama di tahun baru.  Waktu itu keponakan saya, Galih, belum lahir.  Masih anteng di perut ibunya yang memang sedang hamil.  Jadi ya, mumpung sekarang Galih udah agak gedean, Bapak, Ibu dan Nini juga masih segar dan sehat, mari menabung kenangan.


Karena sebuah foto,  bisa menceritakan banyak hal.  Semoga kelak, kisah-kisah yang terukir dari setiap foto menjadi kenangan manis untuk masa depan.


Tahun Baru Semangat Baru 



Tahun 2017 kemarin, banyak peristiwa berharga yang saya alami.  Tanggung jawab baru, kewajiban baru, bertemu banyak kawan dan komunitas baru, bahkan bertandang ke tempat-tempat baru.  Semua memberi kesan mendalam dan penuh pelajaran.  Menyadarkan saya untuk selalu belajar dan belajar.  Untuk menjadi pribadi yang baik, karena sekolah sesungguhnya adalah Sekolah Kehidupan.


Melangitkan banyak doa dan harapan. Semoga saya bisa menjadi pribadi yang naik kelas.  Hidup ini khan soal pilihan.  Setiap pilihan yang kita ambil menentukan kualitas diri.  Mudah-mudahan pilihan kita tepat. Kalaupun belum bisa bermanfaat, minimal jangan sampai merugikan atau mengganggu kenyamanan orang lain.

Ya, setiap kita adalah pembelajar.  Setiap orang adalah guru.  Dan selalu ada titik dimana kita saling menginspirasi dan terinsipirasi satu sama lain.  Buku-buku bacaan, gaya hidup, fenomena alam, tontonan, obrolan, apapu itu, semua bisa menjadi ilmu yang bermanfaat.


Lagi-lagi.  Pilihan ada pada diri kita.  Memilih menuangkan isi pikiran ke dalam tulisan ‘cerita Arni’ semoga menjadikan saya untuk lebih berhati-hati menjaga pikir, kata dan sikap.  Karena sesungguhnya menulis adalah menyimpan kenangan dan mengingatkan diri sendiri.



Salam Damai di Tahun baru

Arni


32 comments:

  1. Klo ak dulu gini tekniknya mbak, ambil anotherorion.net selama masa vakum, n setelah anotherorion.com balik lagi, nama dot net ttp ak pertahankan dns pointernya setahun, setelah setahun dot net ak pointing ke blogspotku mpe sekarang. Jd selama setahun itu DA/PA dot net juga ikut terkerek, klo g salah DA com 24 DA net dapet 13

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ini pake teknik begini bisa Mbak Arni, semacam redirect sementara gitu lah. :D

      Btw, tapi gapapa. Aku rasa aku lebih suka yang ceritaarni.com ini deh, jadi terasa lebih personal dan brand Mbak Arni ada di situ (setidaknya orang akan langsung tahu kalau ini blog Mbak Arni).

      Delete
  2. Selamat datang blog dengan nama baru. Terus semangat memberi manfaat lewat tulisan.

    Senang lihat foto-foto keluarganya. Tampak sekali kebahagiaan meliputi tiap orang. Happy family ya mbak Arni. Selamat tahun 2018, sehat dan sukses selalu. Aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih mbak Rien
      Selamat tahun baru juga buat mbak Rien sekeluarga

      Delete
  3. Selamat Tahun Baru...
    Selamat juga dengan rumah barunya ...
    semoga semakin lancar rezekinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah terimakasih mbak
      Mudah2an saya makin rajin menulis deh

      Delete
  4. Kejadian kaya aku tuh di 2013 lalu. Ceritanya 2012 aku bikin keluargafauzi.com donk....

    Eh di 2013 awal lupa gak diperpanjang, balik lagi deh ke gratisan. Di 2015 akhirnya pindah ke dot net, soalnya yang dotcom masih ada yang pake. Sekarang yang dotcom nawarin mlulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah keduluan orang lain ya mbak
      Tapi yang dot net pasti lebih moncer dan sukses brandingnya ya

      Delete
  5. Ciyeee nama domain baru. Moga makin menginspirasi lewat tulisannya Mbak Arni. Btw, foto2 keluargamu bikin haru. Pake dresscode putih berasa komoak banget pas pertama kali liat di TL facebook. Btw, swlamat tahun baru Mbak Arni :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasi Ayaa cantik
      Foto keluarga mainstream banget sih sebenarnya itu, standard banget pake baju putih hehe

      Delete
  6. Tapi nama domain barunya lebih asik lho mak dibanding cihuyyy.. Hehe.
    Semoga nama domain yg skrg makin berkah ya

    ReplyDelete
  7. Semangat Mba. Emang hrs lebih teliti lg yak mengingat kpn expired domain spy gak kejadian spt ini. Sptnya memang lebih aman sih klo lgsg 2-3 thn masa domainnya. Yg pntg skrg sdh oke ya Mba. Smoga ceria bahagia di 2018.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak
      Ini memang salah aku sih, kurang teliti mengingat kapan expired blog. Dan agak aneh sih gak dapat notif buat memperpanjang domain
      Ya, memang mungkin jodohnya dengan nama yang ini :)

      Delete
  8. Yeeeaai.. sama.. blog baru.. eh saya template baru dink heheh.. senangnya bisa foto keluarga besar. Semoga tahun ini saya bisa.. aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuhuuuuu
      Template baru khan suasana baru juga. Asik asik semoga makin semangat ngeblognya

      Delete
  9. Wah sedih juga ya sampe kelupaan perpanjang terus expired gituuu. Uhuhuhuu. Gapapalah ya, tahun baru bawa nama baru, inshaaAllah nanti DA PA juga bisa menyusul yaaaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang paling sedih ya memang DA PA itu. Tapi semangat move on deh, biar bisa membangun blog baru ini

      Delete
  10. Semangat mengisi blognya. Yang rajin yeeeee hehe.
    Seneng banget pastinya menutup dan membuka tahun dengan keluarga besar :D

    ReplyDelete
  11. walaah banyaknya blog emak. Aku satu aja udah kelimpungan ngurusnya

    ReplyDelete
  12. wah keren mbak arni happy banget pasti ya bisa mudik, terpancar dari wajah sumringah nya. selamat juga untuk domain barunya, aq suka nama ceritaarni

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaaa
      Mudik membuat hatiku terasa dicharge dan dapat energi baru hehehe
      Makasi ya mbak Dian

      Delete
  13. Tahun baru, blog baru semangat baru, hahaha. Aku keknya kemaren udah Komen trus hang hapenya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasi mbak Maya
      Selamat tahun baru yaaaa

      Delete
  14. Cihuuuyy, rumah (maya) baru ehh salah, alamatnya ji tawwa yg baru.

    Anyway senangnya ya Kak, bisa berkumpul dgn keluarga setelah sekian lama tak bersua.

    Selamat tahun baru. Semangat baru ya Kak.
    Thanks sudah berbagi waktu itu. Nanti cerita kopdar diposting dimari ji toh? :p

    ReplyDelete
  15. Horeee...selamat dengan alamat barunya. Selamat tahun baru dan terus berkarya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. La la la ye ye ye
      Lagi seneng2nya sama rumah baru
      Mudah2an semangatnya tetap sama deh biar rajin nulis hehe

      Delete
  16. Yeaaaay.. Tahun baru blog baru ya Arni

    Happy baca dramanya
    Pasti ibu kaget buanget yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak
      Ibu happy banget sambil ngambek dan nangis gitu. Berasa dibohongi tapi tetap bahagia hahaha

      Delete