Search This Blog

Friday, January 25, 2019

Mau Kencan Bareng Dinosaurus? Jatim Park 3 Aja!




“Bu, sekarang itu masih ada gak sih dinosaurus?” tanya Cah bagus usai nonton film Jurassic Park beberapa waktu yang lalu untuk kesekian kalinya di layar kaca

Prema (emak bapaknya juga sih) memang gak pernah bosa dengan film ini.  Meski sudah nonton berkali-kali, tetap efek tegang dan serunya tak pernah berkurang.  Petualangan bertemu dan menyelamatkan diri dari Dinosaurus si hewan purba selalu menarik untuk disimak.

Tak cukup hanya film, Prema juga punya beberapa mainan dinosaurus, berupa miniatur patung-patung kecil gitu.  Juga buku-buku tentang Dinosaurus yang mengupas tuntas tentang jenis, tempat hidup, sumber makanan dan seterusnya.  Pokoknya segala tentang Dino, selalu membuat dia excited.

“Gak ada sayang, dinosaurus itu hewan purba.  Hidupnya di masa lalu.  Tahun-tahun yang sudah lamaaaaaa sekali.  Sekarang dinosaurus sudah punah, sudah tidak hidup lagi,” jawab saya

“Yah gak asik dong. Padahal Prema pengen banget lihat dinosaurus.  Gak apa-apa deh patungnya aja.  Tapi yang gedeeeeee.  Yang ukurannya sama kayak waktu masih hidup,” Katanya penuh harap

Hmm… sabar ya, Nak.  Mudah-mudahan keinginanmu kelak terwujud,” Saya melangitkan doa dalam hati.

Prema dan koleksi bacaan Dinosaurusnya
Saya sudah hampir melupakan obrolan itu.  Sampai suatu hari di sebuah WAG yang saya ikuti, seorang kawan pemilik blog keluargabiru.com yang hits itu, digawangi oleh papa dan mama biru bersama Duo Ai, kedua buah hati mereka tiba-tiba bercerita tentang Jatim Park 3, wahana bermain baru di Jawa Timur yang isinya didominasi oleh keluarga besar dinosaurus.

Cerita tak lengkap tanpa foto-foto dong.  Nah, foto yang dikirim keluargabiru ini bikin saya teringat pada percakapan dengan Prema tempo hari.  Foto dinosaurus segede aslinya.  Lengkap dengan habitat yang dibuat seperti aslinya.  Masih ditambah pula (katanya) dengan suara auman yang menggelegar layaknya suara dinosaurus asli.


Wah, saya harus ajak Cah bagus main ke sini nih.  

Saya lalu mulai mencari-cari info tentang Jatim Park 3.  Ada apa saja di sana dan berapa harga tiket masuknya.  Terletak di Jalan Raya Ir Soekarno, kota Batu, Jatim Park 3 dibuka untuk umum sejak 24 November 2017.  Baru sekitar setahunan lebih ya.   Beberapa wahana seru didalamnya antara lain Dino Park (ini sesuai impian Cah bagus), Ice Age (menikmati dinginnya jaman es), bermain cahaya di Infinite World, The Legend of Star (bertemu dengan para bintang dunia), The house of zombie (hmm… bakalan jadi ajang uji nyali nih) dan banyak wahana menarik lainnya.

Oke, mari kita fokus ke Dino Park saja

Yuk, eksplore Dino Park

Lintasi Lorong Waktu Menuju Jaman Prasejarah dan Bertemu si Makhluk Purba, Dinosaurus

Namanya juga Dino Park, pastinya di sini kita akan bertemu dengan makhluk legendaris yang pernah menghuni bumi jutaan tahun silam. Meski hanya berupa replika, tapi ukuran dan jenisnya beragam sesuai kehidupan pada jamannya.  Dilengkapi juga dengan info singkat riwayat Dinosaurus itu.

“Prema pengen ke sini, Bu!” seru Prema saat saya ceritanya tentang taman bermain ini

“ Nanti Prema mau ketemu sama styracosaurus yang tanduknya panjang-panjang itu.  Prema juga pengen lihat pentaceratops yang kupingnya lebar warna merah.  Sama itu, polacantus yang punggungnya banyak duri.  Trus yang lucu, yang jalannya lompat-lompat, rhabdodon,” sambungnya lagi

Saya bengong dong.  Kok dia hafal sih nama-nama jenis dinosaurus ini.  Iseng saya uji sekalian deh, “Dinosaurus itu makanannya apa sih? Ada gak yang makanannya daun, hayooo…?

“Dinosaurus itu binatang buas, bu.  Makanannya daging.  Tapi ada juga sih yang makan tumbuhan.  Herbivora gitu lho (for your information, Prema sudah belajar tentang jenis makanan makhluk hidup di pelajaran IPA di sekolahnya), kayak stegosaurus, brontosaurus sama banyak lagi jenis lainnya,” jawab Prema mantap dan percaya diri.



Sepertinya ini si Polacantus deh
 
Trus nanti kalau udah ketemu, Prema mau ngapain?”

“Mau lihat aja.  Pengen ketemu langsung sama hewan super besar.  Mau lihat telurnya juga. Pasti besar sekali deh,”

“oke oke.  Mudah-mudahan nanti kita ada rejeki buat main ke sana ya. Prema juga harus nabung dari sekarang, biar punya duit buat main ke Jatim Park 3, mau?”

“Siaaaap!”

Banyak membaca informasi tentang Jatim Park 3 bikin makin yakin untuk mengagendakan main ke sana suatu hari nanti.  BUkan sekedar taman bermain, tempat ini juga sangat edukatif.  Belajar tentang alam dan lingkungan, belajar sejarah, dan tentunya bersosialisasi.  Namanya tempat bermain, pasti banyak anak lain khan.  Saya selalu menyukai mengajak Prema ke ruang publik, dimana dia akan berinteraksi dengan orang lain baik anak seusianya, lebih kecil bahkan orang dewasa.  Belajar antri, berbagi dan saling menghargai saat menggunakan fasilitas umum.

Wow telurnya gede banget euy
 
Liburan keluarga menjadi agenda rutin kami beberapa tahun terakhir.  Selain mengeratkan cinta dan kebersamaan, liburan keluarga adalah saatnya refreshing, lepas dari rutinitas dan mengembalikan energi yang terkuras saat bekerja.  Semua orang butuh liburan khan.  Bukan hanya orang kantoran dan anak sekolah, ibu rumah tangga juga tentunya.  Jatim Park 3 sudah masuk dalam wish list tahun ini, semoga bisa terwujud segera.


Sebenarnya sih, liburan akhir dan awal tahun kemarin kami sudah sampai di Surabaya, mampir sejenak di kota pahlawan setelah perjalanan darat dari Bali.  Tapi karena ada agenda lain yang juga mendesak, kami tak sempat eksplore sampai ke Batu.  Ah… mari melangitkan doa, mengumpulkan pundi-pundi dan bersahabat dengan semesta, semoga jalannya segera terbuka untuk berkencan dengan si makhluk purba, Dinosaurus di Jatim Park 3


Salam liburan
Arni


Note : Foto-foto Jatim Park dari Ihwan Hariyanto, pemilik blog keluargabiru

15 comments:

  1. Semoga ada rejeki dan kesempatan buat main ke JP 3 ya, aamiin. Kebetulan Aiman aja yang belum pernah ke JP3.

    ReplyDelete
  2. Ternyata selain Dino Park, ada banyak wahana lainnya yang gak kalah seru di Jatim Park 3 yaa.
    Pengen ke sana juga ah, bawa bocah.

    ReplyDelete
  3. Iyes mbak. Pastinya anak-anak seneng banget lihat dinosaurus. Mainannya aja seneng, gimana lihat replika yg gede-gedenya ya...serasa beneran. Takutnya malah susah diajak pulang haha...

    ReplyDelete
  4. sudah pernah sekali ke Jatim Park tapi saat itu masih bujang belum berkeluarga dan bersama rombongan kerja syik tempatnya dan kita dibawa dengan bus untuk memasuki areal kebun binatang nya. jadi rada-rada ngeri juga karena hewanya berkeliaran di sekitar kita

    ReplyDelete
  5. Padahal dari rumahku JP3 tinggal koprol masuk mikrolet, tapi nggak berangkat-berangkat juga. *Tutupmukapakegigitrex*

    ReplyDelete
  6. Alhamdulillah akhirnya bisa kesampaian juga ya liat dinosaurus.
    Aku jadi pengen ke sana jugaa

    ReplyDelete
  7. Wahh, amazing berasa Dino nya hidup itu! Kembali ke purbakala. Anak-anak belum pernah ku ajak kesini mbak. Karna di luar kota ya. Jadi harus menunggu pas libur sekolah datang.

    ReplyDelete
  8. Wah ternyata isinya Dino ya, kemarin sempat ke sini tap cuma JP 1 sama JP 2 aja, kayaknya asyik bener ya bawa anak-anak ke sini. Insya Allah the power of 20 ribu ditargetkan ke Malang hahahaha

    ReplyDelete
  9. Aku juga pengeeeen banget ke JP3, nanti setelah lahiran aku baru rencanain ke Malang deh :)
    Tempat wajib dikunjungi nih ...

    ReplyDelete
  10. Aamiin. Smoga Prema dan emak bapaknya bisa ke Jatim Park 3...dan foto2 jangan lupaaa

    ReplyDelete
  11. Hmm.. belum pernah niih dan aku pengen lagi deh ke Malang haha.. Dulu udah ke sana lihat jatim park 2 kalo Jatim Park 3 belum pernah. hehe..

    ReplyDelete
  12. Terakhir liat dinosaurus beneran itu di tipi, kalo yang boongan itu waktu kecil, tapi seru waktu kecil keliatan beneran tapi pas udah gede gini ternyata cuma boongan :(

    ReplyDelete
  13. wah prema pinter banget, pengetahuannya tentang dinosaurus jempol. Wah jadi ingin bawa anakku juga ke sini, tapi jarak aceh ke jatim lumayan juga

    ReplyDelete
  14. jatimPark ini femes banget ya di kalangan bukibuk dengan anak yanng hobby berpetualang. Aku pun jadi tergodah kalau liat foto fotonya yang kece. kebetulan dua anakku juga pecinta dinosaurus. kayanya kalau diajak kesana bakalan hepi seharian deh

    ReplyDelete