Search This Blog

Friday, May 31, 2019

Bolu Jeruk No Mixer No Oven



Beberapa hari lalu teman sekolah Prema main ke rumah,  rupanya dia baru saja panen jeruk di halaman depan rumahnya.  Kebagian deh kami sekresek jeruk peras.  Jeruknya manis dan berair banyak banget.  Dibuat es jeruk udah.  Bahkan diminum begitu saja langsung dari perasan jeruknya tanpa tambahan apa-apa juga udah enak banget.  Terus saya bingung, enaknya diapain lagi ya ini jeruk-jeruk yang masih antri.

Aha..!!! saya teringat resep bolu jeruk yang pernah saya baca di lapak seorang teman dan belum pernah saya coba.  Yang bikin saya tertarik, resepnya simple, tanpa mixer dan tanpa oven.  Wah pas banget ini buat yang gak punya peralatan rumah tangga seadanya di rumah.  Kalau di resep teman, bolunya dikukus.  Nah kali ini saya mau coba bikin dengan rice cooker.  Yes, kalian gak salah baca kok.  Ini beneran rice cooker yang buat masak nasi itu.  


Kebetulan saya punya rice cooker yang cantik mungil.  Merknya apalagi kalau bukan Cosmos.   Si mini Harmond CRJ 6601.  Tampilannya lucu banget, ada gambar angry bird di depannya.  Prema langsung heboh begitu ricecooker cosmos ini keluar dari box.

Ini buat Prema aja ya rice cookernya,” katanya langsung ngekepin si mungil
Mau buat apa emangnya?”
“Ya nanti buat prema kalau udah gede.”

Hahaha oke lah, Nak.   Kamu masih lama kok gedenya.  Baru juga 9 tahun.

Balik ke bolu jeruk, mari kita lanjut step by step-nya


***
Bolu Jeruk Praktis Tanpa Mixer Tanpa Oven

Bahan :
2 buah jeruk peras
1 butir telur
6 sdm gula pasir
2 sdm susu kenttal manis
2 sdm susu bubuk
½ sdt soda kue
¼ sdt vanili
¼ sdt garam
2 sdm margarine cair





Cara membuat :
* Kocok telur dan gula dengan whisk hingga larut
* Masukkan tepung terigu, susu bubuk, vanili, baking soda dan garam sambil diayak
* Aduk-aduk dengan whisk lalu tambahkan krim kental manis, jeruk peras dan margarine cair.  Aduk rata
* Oles rice cooker dengan margarine, lalu tabur dengan sedikit terigu, ratakan
* Tuang adonan ke dalam rice cooker.  Nyalakan tombol cook
* Setiap kali tombol berpindah ke warm, diamkan sekitar 5 menit lalu pencet kembali tombol cook.  Lakukan hal yang sama hingga 3 atau 4 kali sampai tingkat kematangan yang diinginkan.  Saya lakukan sampai 3 kali saja. 
* Uji kematangan dengan tes tusuk.  Setelah tidak ada yang menempel, biarkan sejenak tetap berada dalam rice cooker.  Keluarkan, tunggu sampai uap panas hilang.   
* Keluarkan dari cetakan
* Beri toping sesuai selera (punya saya gak diberi toping apapun.  Dpakai buat teman minum kopi oleh suami.  Enak katanya)
* Bolu siap disajikan

*****

Gampang khan teman-teman?

Gak ada alasan gak punya mixer dan oven lagi dong buat bikin kue.  Dimana ada kemauan di situ pasti ada jalan.  Tinggal ngumpulin niat dan semangat aja deh.




Kenalan Yuk Sama Rice Cooker Cosmos Harmond CRJ 6601

Tadi sudah saya ceritakan bentuknya yang imut dengan tampak depan wajah angry bird, Karena ukurannya mungil, kapasitas memasaknya 0,8 liter.  Cocok buat anak kos atau keluarga kecil.  Ada dua pilihan warna rice cooker : Hitam dan Putih.   Dilengkapi dengan gagang pegangan melengkung diluarnya sehingga praktis dibawa kemana-mana, bahkan saat traveling.

Rice cooker ini dilengkapi dengan harmond yaitu teknologi anti gores pada pancinya.  Diproses dengan teknologi nano yang membuat panci anti gores, tidak mengelupas meski dicuci dengan sikat kawat sekalipun sehingga lebih sehat dan nasi atau masakan lainnya bebas dari lapisan berbahaya.  Gak salah dong kalau saya bilang ini benar-benar Rice CookerAnti Gores.

Saat bulan puasa seperti ini, praktis deh masak dengan rice cooker.  Bukan sekedar masak nasi, rice cooker harmond juga cocok untuk memasak lauk seperti sup, sayur asem, sayur lodeh dan aneka masakan berkuah lainnya.  Atau bisa juga untuk membuat cake  seperti yang saya lakukan. Sangat mudah dan praktis.

Teman-teman bisa mengunjungi website Cosmos  untuk mengetahui info lengkap produk cosmos lainnya.  Di sana juga tersedia aneka tips dan resep yang bermanfaat.

Tertarik untuk membeli produk cosmos?  Langsung saja ke toko elektronik, supermarket atau via online di marketplace seperti Lazada, Tokopedia, Bukalapak dan Shopee (official store cosmos).

Semangat berkreasi di dapur ya.  Nanti cerita-cerita deh kalian masak apa aja dengan rice cooker.  Pasti masakannya pada keren.


Salam
Arni

12 comments:

  1. kaka kok aku abis baca ini langsung laper mendadak yah hehe. Btw, ini rasa bolunya pasti seger-seger gitu yaa kak? Uh kalo deket aku langsung mampir kak buat nyobain hehe

    ReplyDelete
  2. resepnya dan cara membuatnya so simple, dan pasti enak karena bahan utamanya jeruk, jadi pen coba buat cemilan di rumah :)

    ReplyDelete
  3. Oh pancinya pakai teknologi harmond ya mbak, bagus tuh anti gores jadi gak cepet buluk lecet-lecet gitu si pancinya, tetep cantik meskipun kena centong nasi ya.

    ReplyDelete
  4. Untuk bahan-bahannya mudah didapatkan, dan yang paling penting nggak pakai oven ya. Aroma jeruk nipisnya pasti sedap. Eeeh ini rice cookernya sudah anti gores ya, mbak, jadi aman.

    ReplyDelete
  5. Aku jadi pengen cobain buat Bolu jeruk ini deh pake rice cooker. Tentunya rice cooker cosmos dong pake nya biar hasil nya maksimal

    ReplyDelete
  6. Keren ya produk Cosmos. Bisa digunakan untuk buat kue sebagai pengganti oven. Idenya keren

    ReplyDelete
  7. Belom pernah nyobain bolu rasa jeruk
    Ko jadi penasaran. Boleh nih tipsnya
    Pake rice cooker bisa juga ya tanpa oven atau microwave

    ReplyDelete
  8. Mba itu jeruk perasnya gede juga ya. Kalau yang ukuran biasa bisa juga ya. Aku jadi pengen coba.

    ReplyDelete
  9. Rice cokker pun bisa membantu membuat bolu yah kak arni, daku baru engeh nih caranya.. Apalagi di rumah sensasi makan bolu dengan aroma jeruk pada suka juga..
    Boleh yak resepnya hihi

    ReplyDelete
  10. Mauuu donk bolunyaaa :D
    Rice cookernya serbaguna, bisa buat bikin bolu juga :D
    Speknya mayan bagus dan desainnya itu lho lucu ya kyk angry bird hehe

    ReplyDelete
  11. Masak air atau mie instan pakai rice cooker pernah. Klo bikin bolu, hmmm boleh dicoba pakai rice cooker Cosmos.

    ReplyDelete
  12. cosmos paling hebat ya,bisa dipakai buat apa saja :D

    ReplyDelete