Search This Blog

Wednesday, December 11, 2019

Jaga Nasi Sehat Bersama Cosmos



You are what you eat  ungkapan yang sudah tidak asing lagi di telinga kita.   Saya percaya bahwa salah satu sumber kebahagiaan adalah tubuh yang sehat sehingga kita bisa beraktivitas dengan baik,   mewujudkan mimpi-mimpi dan harapan.  Nah, salah satu faktor penentu kesehatan adalah makanan yang kita konsumsi.  Tak cukup hanya makanan enak, tapi juga harus makanan sehat, yang berasal dari sumber yang baik, diolah lalu  dimasak dengan bersih dan cara yang baik kemudian menjadi sumber energi bagi kita.  Inilah kenapa istilah “you are what you eat” muncul.  Tentunya bukan istilah biasa, tapi mewakili diri kita apa adanya.  Mungkin dalam kasus tertentu, efeknya tidak secara langsung, tapi akan dirasakan di masa depan.  

Duh lapar nih, nyari sarapan yuk.  Tadi aku buru-buru, gak sempat sarapan.  Baru makan roti doang setangkup sama minum susu,” ajak seorang teman ketika kami bertemu di parkiran Sekolah saat bersama-sama mengantar anak.

Saya tersenyum.  Nasi memang makanan pokok kita, orang Indonesia.  Masih banyak yang merasa kalau belum kena nasi, rasanya belum makan.  Bahkan tak jarang, nasi yang merupakan sumber karbohidrat dimakan dengan lauk mie, kentang, jagung dan sejenisnya yang sama-sama merupakan sumber karbohidrat.  Jadi deh double bahkan triple karbo.  Begitulah.

“Sudah biasa…! itu jawaban umum yang kita dengar.
Iya.  Karena sudah biasa, jadinya seolah baik dan benar.  Err… saya tidak sedang mengatakan itu salah, sih. Tapi ya balik lagi, menjadi penentu diri kita kemudian.  Khusus untuk nasi, kita bisa memulai dengan makan nasi yang sehat yang bersumber dari beras yang baik, dimasak dengan baik hingga siap santap saat tersaji di meja makan.  Ini saya sebut sebagai gerakan “Jaga Nasi Sehat”.


Memilih Beras Berkualitas Baik

Ada banyak sekali jenis dan merk beras yang dijual di pasaran.  Namun, tidak semua aman dikonsumsi karena ada saja oknum nakal yang menambahkan campuran tertentu pada beras demi keuntungan pribadi.  Mari kita kita coba mengenal ciri-ciri beras yang berkualitas baik :

Tidak berbau

Beras yang sehat umumnya tidak memiliki bau apapun, kecuali jenis beras tertentu seperti pandan wangi yang secara alami memang sudah beraroma pandan.   Jika sudah berbau apek atau agak aneh, kita perlu curiga adanya campuran zat pemutih/klorin.  Atau bisa jadi berasnya sudah berusia lama.  Saat dicuci, beras yang mengandung klorin biasanya akan membuat air berwarna putih keruh seperti air sabun.

Bertekstur kering

Beras yang baik adalah yang keringnya bagus dalam arti mendapat sinar matahari yang cukup saat proses penjemuran usai panen. Saat dipegang, tidak terasa licin dan lengket di tangan. Butirannya juga jelas dan tidak menggumpal.

Butiran utuh dan tidak banyak yang patah

Masih terkait dengan  proses pengeringan yang baik, maka saat digiling (pengelupasan dari gabah menjadi beras) beras yang benar-benar kering akan lebih kuat sehingga butirannya utuh dan tidak mudah patah.  Apabila saat dipegang dan ditekan beras mudah hancur, bisa jadi karena kandungan kadar airnya yang terlalu banya sehingga menjadi rapuh. 

Bebas dari hama penyakit dan benda asing

Kebersihan beras dapat dilihat dari adanya campuran benda asing didalamnya.  Beras yang baik bebas dari hama, kutu, logam, batu, jerami, butiran pasir dll.

Cosmos 007-Pundi
Menyimpan Beras di tempat yang aman

Dimana teman-teman biasanya menyimpan beras?

Saya, jujur saja selama ini memakai wadah apa adanya.  Sebuah kontainer kecil yang saya letakkan dalam lemari.  Bahkan dulu, sebelum punya kontainer ini, beras yang sudah saya beli tetap saya biarkan dalam plastik, diambil sedikit demi sedikit saat akan memasak.  Kelemahannya, saat saya membeli beras baru, pastinya saya akan langsung menuangkan di atas beras yang lama.  Lalu saat akan memasak, mengambil bagian paling atas.  Bentuk container begini agak merepotan sebenarnya, tutupnya berada di atas dan datar.  Tempat sempurna untuk meletakkan barang lainnya.  Sehingga saat akan mengambil beras, mau tak mau saya harus memindahkan barang yang ada di atasnya.

Lalu saya bertemu dengan wadah beras Cosmos 007-Pundi.  Sejak pertama kali melihatnya, saya langsung jatuh cinta pada warnanya yang cantik, dengan motif sederhana di bagian depannya yang membuat makin tampak manis.  Desainnya juga simpel, begitupun cara pemakaiannya.  Saya bisikin keunggulan tempat beras ini ya :

Fifo (First In First Out)

Seperti yang saya bilang di atas tadi, menyimpan beras dalam container, plastik bahkan karung membuat kita terus menerus mengambil beras yang paling atas.  Dengan wadah penyimpan beras cosmos, kita bisa mengambil beras yang paling bawah terlebih dahulu.  Yang lebih dulu masuk, lebih dulu pula keluar.  Jadi gak ada ceritanya beras apek karena kelamaan.

Memiliki takaran otomatis

Setiap kali menarik pundi beras di bagian bawah, otomatis akan keluar beras satu takaran yaitu 130 gr.  Beras yang turun akan terhenti setelah takaran ini terpenuhi dan pundi ditarik keluar.  Kembali akan mengisi ketika pundi dimasukkan dan siap ditarik keluar.  Ini tentunya sangat praktis dan gak akan membuat beras berceceran

Bentuk dan ukuran yang pas

Dengan kapasitas 7 kg, ukuran Cosmos-007 pundi sekilas terlihat kecil.  Saya bahkan tak menyangka kapasitasnya sebesar itu.  Langsing ke atas, sehingga tak terlalu makan tempat ketika di simpan di dapur atau di dalam lemari.

Anti Slip

Suatu hari beras saya  tumpah dari dalam container ketika tak sengaja tersenggol saat mengambil sesuatu di sebelahnya.  Ini karena wadah beras itu memang tak punya ‘pegangan’ di bagian bawahnya.  Berbeda dengan Cosmos-007 pundi yang sudah dilengkapi karet anti slip yang membuatnya melekat dan tak mudah bergeser.  Aman deh.

Bebas karat dan kualitas terjaga

Wadah beras Cosmos terbuat dari plastik sehingga tentunya tak akan berkarat.  Selain itu, tiap bagiannya tertutup rapat, jadi beras akan tetap bersih tanpa kutu, jamur, atau kotoran lainnya.


Menyajikan Nasi Sehat Untuk Keluarga Tercinta

Buat keluarga, tentunya kita ingin memberikan yang terbaik. Termasuk dalam sajian di meja makan.  Nasi yang sehat akan membuat keluarga bertumbuh dengan sehat. Masih dalam rangka #JagaNasiSehat untuk urusan menanak nasi, saya percayakan pada Rice Cooker Harmond CRJ-6288 yang sudah dilengkapi dengan  teknologi harmond dengan desain yang cantik, praktis dan aman.
Buat saya, rice cooker cosmos ini istimewa, kenapa? Saya jelasin ya :

Menggunakan teknologi harmond

Yaitu  Teknologi Anti Gores pada innerpan (panci) rice cooker Cosmos. Panci diproses dengan teknologi khusus dan didinginkan ke temperature mendekati 0° C sehingga innerpan (panci) menjadi Anti Gores, tidak mengelupas, lebih sehat & tahan lama

Panci tetap mulus meski disikat dengan sikat kawat/besi
Jadi, umumnya kita memilih rice cooker yang anti lengket/non stick.  Padahal tanpa kita sadari, lapisan anti lengket mengandung zat kimia perfluorooctanoic (PFOA) yang bersifat karsinogen.  Dimana, bila lapisan tersebut mengelupas dan tercampur dengan nasi saat proses pemasakan, tentunya akan masuk ke dalam tubuh ketika kita konsumsi.  Dalam jangka panjang, ini bisa menjadi pemicu beberapa penyakit serius. 

Nah, dengan teknologi harmond panci menjadi anti gores sehingga aman saat dibersihkan bahkan dengan sikat besi/kawat sekalipun sekaligus juga sangat aman digunakan saat memasak.  Benar-benar rice cooker sehat.

Memiliki Inner Pan Handle

Ini penting menurut saya.  Dengan adanya inner pan handle memudahkan kita untuk memegang pancinya, tidak panas dan aman.

Dilengkapi dengan comfortable handle
Tersedia Dew Collector, tongolan dan comfortable handle

Yaitu wadah penampung tetesan air dari nasi yang dimasak.  Sehingga tidak mengotori badan rice cooker.   Rice cooker ini juga memiliki tongolan di bagian atas yang berfungsi untuk mengatur sirkulasi udara sehingga nasi lebih pulen dan tahan lama.  Selain itu pegangan di bagian atas juga nyaman digenggam, memudahkan saat membuka dan menutup rice cooker

Hemat daya

Memasak dengan rice cooker cosmos harmond CRJ 6288 cukup menggunakan daya  masukan 400  watt saja.  Normal ya, untuk memasak nasi.  Selanjutnya hanya tinggal menghangatkan yang tentunya menggunakan daya yang lebih kecil dan stabil

Berkapasitas besar

Rice cooker cosmos CRJ 6288 memiliki kapasitas 2 liter.  Cukup banget buat makan rame-rame sekeluarga plus beberapa tamu dan sahabat.

Multifungsi

Selain memasak nasi, rice cooker cosmos juga dapat digunakan untuk mengukus, menghangatkan, menggoreng bahkan untuk membuat cake dan kaldu.


Tips Menikmati Nasi Sehat

Kita sudah memilih beras yang baik, menyimpan dengan aman dan memasak di penanak yang sehat.  Sekarang saya mau berbagi tips mempertahankan kualitas nasi agar tetap nikmat dan sehat meski sudah dimasak seharian.  Yuk ikuti :

Aduk Nasi 5 menit setelah matang

Ingat banget dulu mendapat tips ini dari ibu saya.asi mat  Bahkan kalau orang dulu itu, nasi baru matang langsung dikeluarkan dari panci, masukkan dalam wadah yang terbuat dari anyaman bamboo lalu diaduk sambil dikipas-kipasi.  Mengaduk nasi membuat air yang terperangkap dalam butiran nasi keluar sehingga mempercepat proses penguapan air.  Nasi menjadi lebih awet dan tahan lama.


Cabut Rice Cooker saat sudah selesai memasak

Saya juga kerap melakukan ini sejak dulu.  Rice cooker yang dicolokin terus menerus akan membuat nasi kering, bahkan tak jarang yang berubah warna dan nutrisinya berkurang.  Jika memang terbiasa makan nasi hangat, cukup hangatkan kembali 30 menit sebelum makan.  Tapi, penelitian menunjukkan nasi dingin lebih sehat lho.  Pilihan dan selera masing-masing, ya!

*****

Oh ya, kalau teman-teman tertarik untuk memiliki produk cosmos yang oke punya ini, bisa membelinya di toko-toko elektronik, supermarket atau online.  Saat ini produk cosmos sudah tersedia di marketplace seperti Tokopedia, Lazada, Bukalapak, Shopee, Blibli (Cosmos Official Store).   Atau kalau pengen tahu lebih dulu tetntang info lengkap produk cosmos mulai dari jenis hingga spesifikasinya, teman-teman bisa mengunjungi www.cosmos.id.  Bukan hanya info produk, di sana juga tersedia banyak tips dan resep yang bermanfaat.

Nah bagaimana? Sudah siap hidup lebih sehat dengan konsumsi makanan yang sehat? Makanan adalah sumber energy untuk otak dan tubuh.  Makan secukupnya dan jangan berlebihan.  You are what you eat, makan makanan yang baik, berasal dari sumber yang baik, semoga menjadikan kita semua lebih sehat dan berenergi.

Salam Sehat
Arni

15 comments:

  1. Makan makanan sehat itu prosesnya panjang ya Mbak dari mulai awal memilih beras kemudian dalam hal penyimpanan sampai pada Proses pemasakan yang harus menggunakan peralatan yang teruji kualitasnya

    ReplyDelete
  2. Terima kasih sudah diingatkan buat ngaduk nasi setelah 5 menit matang...hiks suka lupa saya.
    Dan ini Rice Cooker cosmos Harmond CRJ 6288 beneran ya menggoda..kualitasnya itu bikin sehat makanan kita. Ada anti gores juga lainnya. Bisa bangets nih jadi pengganti rice cooker di rumah:)

    ReplyDelete
  3. Benar mba banyak orng ga sadar bahaya panci rice cooker mengelupas malah dianggap biasa padahal efeknya ngeri ya

    ReplyDelete
  4. nasi pulen karna kualiatasnya baik disimpan di wadah beras yg aman dan dimasak pakai rice cooker berkualitas. cocok banget pakai cosmos :)

    ReplyDelete
  5. Ibu saja sejak dulu sudah punya tempat beras cosmos, Mbak Arni. terus pas masig ngontrak bareng saudara pas merantau, juga punya tempat beras cosmos kecil. Sekarang juga punya hehehe. Beras jadi terjaga. Kalau ditaruh di tempat biasa apalagi di karung, kadang berkutu.

    ReplyDelete
  6. Cosmos memang merk andalan ibu dari masa ke masa. Bahkan iklannya waktu kecil pun aku aku masih inget mba. Ingat beras ingat cosmos haha

    ReplyDelete
  7. Cosmos ini brand yang sudah saya kenal sejak kecil. Kualitasnya tidak diragukan lagi. Kami di rumah juga beberapa alat rumah tangga menggunakan brand Cosmos. Alhamdulillah awet. Mulai penanak nasi, kipas angin sampe setrika.

    ReplyDelete
  8. Salam kenal mba, wah saya belum punya produk Cosmos jadi tertarik apalagi tempat berasnya bener banget metode FIFO tuh hihi tfs mba

    ReplyDelete
  9. Saya ngak prnh sampai kepikiran kl rice cooked tuh mempengaruhi kualitas nasi. Aih..nambah ilmu neh abis baca blogmu mbak. Kyknya aku harus ganti neh penanak nasi lamaku, krn sudah belasan tahun dan bagian bawahnya sudah banyak yang bocel2

    ReplyDelete
  10. Aku juga pake merk cosmos ini mba bisa dibilang hampir semua sih. Hehehe ga tau suka aja. Harganya cukup terjangkau dan kualitas lumayan awet

    Dan bener sekali proses penyimpanan beras dan masaknya itu berpengaruh pada nasi yang dikonsumsi nantinya

    ReplyDelete
  11. Saya juga suka begitu. Setelah matang, nasi diaduk dulu supaya rasanya lebih nikmat. Gak harus dipanasin terus-terusan. Biar gak boros listrik juga

    ReplyDelete
  12. aku juga seneng banget pake cosmos harmond ini mbak karena anti gores jadi lebih tenang dan nyaman kalo mau masak nasi untuk keluarga

    ReplyDelete
  13. Merk cosmos ini sudah melegenda ya, aku juga pakai di rumah buat masak nasi. Praktis dan berkualitas produknya

    ReplyDelete
  14. Pokoknya Kalo cosmos sudah terjamin kualitasnya. Utk rice cooker harmond CRJ 6288 Ada yg kecil kah kapasitasnya? Maklum keluarga kecil

    ReplyDelete
  15. Sejak punya Harmond ini, saya jadi terbiasa masak nasi diaduk setelah matang :)
    Oh ya, tempat berasnya sungguh bikin nyaman ya Mba kapasitasnya juga cukup mumpuni

    ReplyDelete