Monday, July 5, 2021

, ,

Brain Academy Solusi Bimbel Online Dengan Interaksi Langsung Siswa dan Guru

 

“Kakak ikutan bimbel di Brain Academy Ruangguru. Sejak ikut di sana nilai-nilainya membaik dan jadi lebih fokus belajar. Khan latihan soalnya banyak tuh. Keterima deh di kampus impiannya,” cerita salah satu tante saya tentang anaknya yang lulus di Fakultas Kedokteran Udayana.

Wah saya kepo dong. Selama ini saya tahunya Ruangbelajar aja di ruang guru. Ternyata setelah saya baca-baca, brain academy adalah fasilitas dari ruang guru yang mempermudah interaksi siswa dan guru secara langsung melalui metode live teaching  dan diskusi secara daring maupun luring. Ya, karena konsepnya adalah bimbingan belajar (bimbel) tentunya interaksi langsung seperti ini sangat dibutuhkan sehingga siswa dapat langsung menanyakan dan berdiskusi tentang materi yang ingin dipelajari.

Sejak diberlakukannya kebijakan PSBB tahun lalu dan sekarang menjadi PPKM (Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) yang salah satunya adalah membatasi aktivitas di luar rumah dan social distancing, maka bimbingan belajar juga otomatis dilakukan secara online.  Orang tua yang tetap bekerja dari rumah (WFH) juga mengalami kesulitan memberikan pendampingan dalam proses belajar anak. Karena itu, menyertakan anak dalam bimbel adalah pilihan terbaik.



Kenal Lebih Dekat Dengan Brain Academy

Seperti yang sudah saya tuliskan di atas, Brain Academy adalah salah satu program dari Ruangguru yang dalam praktiknya mengkombinasikan bimbingan belajar dengan tatap muka secara langsung (luring) dan tatap muka secara daring via aplikasi zoom.  Saat ini cabang Brain Academy tersedia di beberapa kota besar antara lain Bali, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Sumatera Utara dan Yogyakarta.  Namun dalam kondisi pandemi seperti ini, bimbel dengan tatap muka langsung untuk sementara ditunda sampai situasi kembali normal.

 

Bimbel di Brain Academy punya sekian banyak keistimewaan dibandingkan dengan bimbel pada umumnya, antara lain :

·   Guru-guru di Brain Academy adalah pakar pendidikan terbaik dan berpengalaman yang telah mengajar dan mengembangkan materi belajar di berbagai tempat.  Semua guru menjalani proses seleksi yang sangat ketat sehingga kualitasnya tak diragukan lagi.

·   Brain academy mengandalkan teknologi terkini untuk mengoptimalkan proses belajar mengajar. Setiap siswa peserta bimbel akan mendapatkan tes diagnostik dalam setiap sesi pembelajaran untuk mengukur kekuatan dan kelemahan siswa yang hasilnya menjadi dasar rekomendasi materi pelajaran yang mana yang perlu mendapat pendampingan master teachers brain academy. Sehingga diharapkan siswa dapat meningkatkan penguasaannya pada materi-materi yang belum tuntas di sekolah formal.

·   Tersedia kelas live interaktif dengan Star Master Teacher. Pembelajaran dilakukan dalam sesi webinar bersama siswa lainnya dan secara langsung membahas berbagai materi pelajaran. Jadwal kelas interaktif ini  dapat dipilih sendiri oleh siswa sesuai kebutuhannya dengan durasi kelas 90 menit.

·   Tersedia klinik PR intensif, dimana siswa secara individu dapat menjadwalkan sesi konsultasi langsung dalam bentuk diskusi secara daring (video conference call) untuk membahas soal-soal yang mengalami kendala dalam penyelesaiannya.

·   Modul tersedia dalam bentuk cetakan yang dikirim ke rumah dan juga puluhan ribu video belajar  dengan animasi menarik, ratusan ribu soal-soal dan akses ke try out daring yang tersedia dalam versi digital. Dengan begini, proses belajar menjadi lebih interaktif, personal dan dapat dimonitor secara akurat.

·  Tersedia kelas pengembangan soft skills seperti critical thinking, communications, problem solving, leadership, teamwork, technology literacy, dan lainnya.

·   Setiap pusat pembelajaran telah terstandarisasi dengan menyediakan smart classroom berdesain modern, lengkap dengan perangkat digital untuk siswa dan jaringan internet berkecepatan tinggi

·   Tersedia konseling pendidikan yang menyediakan laporan rutin perkembangan belajar anak untuk orang tua. Jadi, meski tak mendampingi secara langsung, orang tua tetap bisa memantau perkembangan belajar anak.




Dengan paket belajar selengkap ini, biaya bimbel bimbingan belajar online Brain Academy Online sangat terjangkau lho. Gak sampai bikin kantong bolong lah pokoknya.  Apalagi jelang tahun ajaran baru seperti ini, biasanya tersedia banyak promo menarik.

 

Di bimbel ini juga dibentuk komunitas diskusi soal dimana siswa dapat berbagi soal latihan yang sulit ke dalam grup dan akan menjadi bahan diskusi untuk dibahas bersama. Akan ada tutor dan teman dari seluruh Indonesia yang membantu. Oh ya, mengenai jadwal  akan ada reminder via pop-up di aplikasi menjelang sesi dan broadcast informasi dari admin. Jadi gak ada alasan lupa atau terlewat ya jadwalnya.

 

Bukan sekedar belajar materi sesuai kurikulum sekolah, brain academy juga menyediakan klub hobi yang mempertemukan dan menyatukan  anak-anak dari seluruh Indonesia dengan hobi yang sama untuk berbagi pengalaman dan merencanakan kegiatan bersama. Saat ini tersedia lebih dari 50 klub hobi.

 

Keren banget khan brain academy.  Pas baca keistimewaannya gini saya tak lagi heran saat adik sepupu berhasil lulus di Fakultas Kedokteran. Selain dia memang anaknya tekun banget, bimbel pilihannya juga yang terbaik. Meski bimbelnya full online karena memang di kota Kendari, tempatnya tinggal, belum tersedia kelas offline, namun dia tetap bisa belajar dengan baik dan bertanggung jawab.

 

Tertarik untuk join di Brain Academy? Nah, brain academy ini bisa diikuti oleh siswa kelas IV hingga kelas XII. Mendampingi siswa dalam proses pembelajaran untuk menghadapi ulangan semester, kenaikan kelas hingga bimbingan untuk persiapan masuk kuliah. Ada 3 pilihan kelas di brain academy yaitu regular, premium dan elite. Bebas dipilih sesuai kemampuan dan kebutuhan.

 

Jadi tunggu apalagi, segera ikutkan buah hati kita di kelas berkualitas bersama Brain Academy. Dapatkan pengalaman belajar yang menyenangkan, seru setiap hari dan bikin anak belajar mandiri tanpa harus dipaksa-paksa apalagi dimarahin.

 

Saya sudah mendaftarkan Prema. Teman-teman juga segera daftar ya. Selamat belajar

 

Salam

Arni

 

13 comments:

  1. Brain Academy beneran jadi solusi ya Kak, soalnya selama PJJ nggak semua orangtua punya waktu juga buat nemenin anaknya belajar.

    ReplyDelete
  2. Terobosan Ruang Guru memang super duper mantab soul!
    Banyak banget varian produk yg dikreasikan sesuai dgn kebutuhan siswa.
    BRAIN Academy ini top markotop!
    Saya suka saya suka

    ReplyDelete
  3. Di brain Academy ini siswa tidak perlu takut atau malu bertanya juga menurutku karena mentornya ramah-ramah dan siap menjawab semua pertanyaan siswa. belajar jadi menyenangkan dan tidak stress

    ReplyDelete
  4. Materinyang diberikan sesuai dengan kebutuhan pembelajaran saat ini. Guru dan murid bisa bertemu dengan mengandalkan teknologi ologi. Apalagi ada interaksi untuk memudahkan pembelajaran

    ReplyDelete
  5. Selamat untuk sepupunya, Mba Arni... sealmamater dengan saya di Univ Udayana.
    Keren ya Brain Academy, beda dengan bimbel lainnya, enggak cuma belajar akademis saja tapi ada klub hobi juga wahhh

    ReplyDelete
  6. Kalau selama PPKM anak les di sini, lebih bagus sih menurut saya. Soalnya les offline yang kebanyakan ada, isinya malah ngasih tahu jawaban aja ke anak. Anak emang beres tugasnya. Tapi proses belajarnya nol.

    ReplyDelete
  7. Wah keren ya Brain Academy ini jadi siswa bisa interaksi langsung dengn guru sehingga bisa lebih mudah memahami materi ..

    ReplyDelete
  8. Kmrn baru liat kantor baru Brain Academy di kotaku.Jadi penasaran juga ..nanti mau aku pelajari dl juga deh dan ada.kemungkinan masukin anak2 belajar disini juga.tks sharingnya kak

    ReplyDelete
  9. Brain Academy menjadi solusi banget buat siswa yang lagi terjerat smaa PJJ begini. Seenggaknya mereka masih bisa menyalurkan kekepoan soal pelajaran mereka yang mungkin bikin bingung ya. Apalagi diajar oleh mentor berpengalaman.

    ReplyDelete
  10. Wa, untuk persiapan anak-anak yg mau kuliah ya ini. Emang perlu banget be;ajar intense kalau mau masuk PTN yang keren dan sesuai keinginan ya

    ReplyDelete
  11. Eh brain academy bisa support belajar yang di skill academy ga sih? kalo bisa keren juga nih .. yang udah lulus bisa belajar juga

    ReplyDelete
  12. wah aku belum coba brain academy, sepertinya lebih praktis dan lebih banyak yang kompeten :3

    ReplyDelete
  13. bagus banget nih idenya, adanya brain academy juga mengoptimalakn mental para peserta yang belajar supaya tidak malu utk bertanya bahkan memberi pendapat secara langsung dengan para guru profesional.

    ReplyDelete