Sunday, November 20, 2022

, ,

Inner Strength Optimalkan Potensi Anak

 


Sabtu, 19 November 2022 kemarin kami dijadwalkan untuk mengikuti sesi konsultasi dengan psikolog terkait hasil psiko test Prema di Sekolah.  Jadi, di Sekolah Prema memang ada program Psiko Test untuk seluruh siswa, dilaksanakan pada tanggal 6 Oktober  dan hasilnya baru diberikan Jumat kemarin untuk kemudian setiap siswa dan orang tua mendapat sesi konsultasi secara online terkait hasil test tersebut.

Ada 3 potensi aspek-aspek psikologis yang menjadi penilaian yaitu Potensi Intelektual, Potensi Sikap Kerja dan Potensi Sosial Emosional yang kemudian diturunkan lagi menjadi kategori penilaian yang lebih detail.  Dari sini, ditelusuri minat Prema untuk kemudian diterjemahkan sebagai aspek kekuatan dan aspek pengembangan.

Berdasarkan hasil test ini diketahui Prema memiliki kemampuan bersosialisasi yang baik. Dalam salah satu hasil tesnya dinyatakan, Dalam keseharian, ia tampil cukup percaya diri di lingkungan sosialnya. Ia nyaman berada di antara banyak orang dan mampu berelasi dengan mereka. Ia cukup mampu beradaptasi terhadap suatu situasi”.  



Di sisi lain, beberapa hal masih perlu mendapat perhatian khusus dan pengembangan agar lebih optimal antara lain dalam konsentrasi dan kontrol emosi.

Di usianya saat ini, Prema masih perlu belajar mengenali dirinya terutama bagaimana ia mengelola serta mengekspresikan emosi yang dirasakan dengan cara-cara yang bisa diterima oleh orang lain”

“Prema perlu melakukan eksplorasi untuk mengetahui berbagai macam bidang minat yang ada dan mungkin untuk ia tekuni. Eksplorasi ini akan dapat membantunya membuat perencanaan studi “

Uraian hasil test cukup panjang sebenarnya termasuk tentang kemampuan akademisnya di beberapa mata pelajaran. Kami bersyukur sekali Sekolah mengadakan program seperti ini sehingga kami sama-sama bisa melakukan evaluasi baik sebagai orang tua maupun untuk Prema sendiri. Belajar memahami anak sendiri, sehingga mengetahui bagaimana mengoptimalkan potensi yang dimilikinya.  Ini pas banget dengan program unggulan dari Biskuat yang memiliki purpose-led brand (tujuan mulia) untuk menciptakan #GenerasiTiger yaitu anak-anak yang tidak hanya berprestasi tapi juga memiliki kekuatan baik dari dalam (inner strength) yang tercermin dari karakter positif anak.

Baca juga : Membangun Rasa Percaya Diri Anak

Apa Itu  Inner Strength?

Inner Strength adalah kekuatan dari dalam atau potensi yang berasal dari dalam diri, seperti karakternya yang berani, percaya diri, penuh semangat, dan semacamnya. Kekuatan ini penting dimunculkan dari diri anak karena setiap anak memiliki potensi yang berbeda-beda.

Dari hasil psiko test Prema, kami tahu bahwa Prema punya rasa percaya diri yang cukup baik sehingga dia mudah bersosialisasi.  Prema juga cukup menyukai tampil di depan umum. Sejak kecil, Prema sering ditunjuk untuk mewakili sekolah atau kelasnya dalam berbagai lomba seperti bernyanyi, membaca puisi, dan yang terbaru saat bulan bahasa kemarin Prema disertakan dalam lomba mendongeng.  Bisa jadi inilah potensi dasar Prema, yang jika dilatih dengan baik terutama dalam hal public speakingnya, kosakata dan intonasinya, semoga kelak menjadi kekuatan yang baik untuk masa depannya.

Belakangan ini Prema lagi senang-senangnya ikut ekstrakurikuler radio broadcast di Sekolah. Tentang pemilihan ekskul ini sudah sempat saya ceritakan di artikel sebelumnya. Pemilihan yang penuh drama dan beragam pertimbangan tentunya.  Sejauh ini, saya melihat Prema menikmati eskskulnya. Mulai dari mencari narasumber, melakukan wawancara, membuat script, memilih lagu,  belajar bekerjasama dengan tim hingga saatnya siaran menyampaikan informasi ke publik. Dalam hal ini audience pendengarnya tentu saja teman-teman sekolah dan para guru.

Baca juga : Memilih Ekstrakurikuler Untuk Anak

Mengoptimalkan Inner Strength sangat penting dilakukan agar anak benar-benar berkembang sesuai potensi, minat dan bakatnya. Dengan begitu, anak akan menjalani kesehariannya dengan bahagia tanpa merasa tertekan atau terpaksa. Prestasi anak tak harus selalu datang dari bidang akademis, prestasi non akademis tak kalah membanggakan tentunya. Beberapa bentuk dukungan orang tua untuk membangun Inner Strength anak antara lain :

1.  Memberi Kebebasan Memilih

Waktu memilih ekskul tempo hari kami benar-benar berdiskusi panjang. Pada dasarnya Prema bebas memilih mau ikut ekskul apa, tapi kami tetap memberi gambaran kira-kira seperti apa prosesnya, apa yang akan dilakukan dan seterusnya.

Setiap anak istimewa dengan minat bakatnya masing-masing. JIka kita memaksakan dia melakukan sesuatu yang tidak sesuai pilihannya hanya akan membuat anak terpaksa melakukan sehingga hasilnya kurang optimal

 2.  Melatih Kemandirian Anak

Membiasakan anak melakukan tugas dan kewajibannya sendiri akan menjadikan dia mandiri. Mulai dari kepemilikan barangnya, merapikan dan menjaganya hingga mendorong anak menemukan sendiri apa minat bakatnya sehingga muncul menjadi potensi terbaiknya.

3. Melatih Penerimaan Diri Dalam Segala Situasi

Pengalaman adalah guru yang berharga. Beberapa kali ikut lomba atau sekedar tampil mengisi acara, Prema pernah menang, pernah kalah, pernah salah, pernah juga mendapat puja puji. Semua adalah guru berharga untuknya. Bahwa setiap situasi memberikan pelajaran untuk pendewasaan diri menjadi lebih baik.

4.  Memenuhi Kebutuhan Nutrisinya

Sebagai orang tua tentunya menginginkan yang terbaik untuk anak, salah satu caranya adalah memberikan asupan makanan dan minuman yang sehat bergizi. Saya bersyukur sekali, untuk urusan makanan Prema tak terlalu rewel. Dia bersedia makan apa saja selama itu tidak pedas. Sehari-hari, saya siapkan bekal untuk sekolah dan sejauh ini selalu pulang dalam keadaan bersih alias habis dimakan termasuk aneka sayuran yang saya sertakan dalam bekalnya.

Bekal Prema. Selalu ada sayuran. Cemilannya biskuat dong

Untuk cemilannya saya tambahkan biskuat yang bukan sekedar enak, tapi kandungannya juga baik untuk tubuh. Biskuat rebuat dari kebaikan gandum dan susu, dilengkapi 9 vitamin dan 6 mineral yang dapat mendukung kekuatan baik dari dalam diri anak.

5.  Mengenalkan Anak Dengan Banyak Aktivitas Positif

Sejauh ini kami berusaha melibatkan Prema di beberapa aktivitas positif. Mulai dari berkesenian, berolahraga dan kegiatan-kegiatan lainnya.  Dari sini, dia menjadi tahu mana aktivitas yang paling diminatinya, sehingga dia menjadi enjoy menjalankan. 

Dukungan penuh dari orang tua dengan cara mengenali minat bakat anak ini tentunya akan sangat membantu perkembangan anak.  Ini sejalan banget dengan semangat  BiskuatAcademy 2022 yang berkomitmen menggali potensi anak dari Inner Strength melalui Sekolah Bola Online.

Tentang Biskuat Academy 2022

Adakah putra teman-teman yang mempunyai minat bakat bermain sepakbola?

Sertakan yuk di Sekolah Bola Online dari BiskuatAcademy 2022. Banyak program positif yang bisa diikuti melalui BiskuatAcademy mulai dari pelatihnya yang bisa mengikuti Physical Education (PE) Teacher Workshop agar menjadi lebih professional  yang berlangsung pada 15 Oktober 2022  sehingga dapat meningkatkan kompetisi guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (Penjasorkes). Sedangkan untuk anak  diadakan pelatihan untuk peningkatan keterampilan  sepakbola dari pelatih berlisensi UEFA A sebagai persiapan untuk menjadi pemain bola masa depan, hingga kesempatan untuk bertemu pemain professional dari Tim Nasional Sepak Bola Indonesia.

Semua orang bisa sukses darimanapun latar belakangnya. Semua punya peluang yang sama. Menjadi pemain sepak bola juga begitu. Adalah Coach Aji, sosok pelatih bola yang sangat inspiratif. Kesehariannya Coach Aji aktif melatih dan mencari bakat-bakat baru dalam bermain sepak bola. Sudah banyak pemain sepak bola handal yang lahir dari didikannya. Sungguh menjadi motivasi untuk kita semua. Semoga sepak bola Indonesia makin maju dan siap bersaing di dunia internasional.

Coach Aji menemukan inner strength anak-anak sehingga optimal menyalurkan bakatnya bermain bola. Di bidang lain, kita semua juga bisa menemukan inner strength anak dengan mendampingi proses tumbuh kembangnya dan lebih mengenali anak sendiri.

Yuk, Daftar Biskuat Academy!

Gimana, teman-teman ada yang tertarik mengikutsertakan anak-anak dalam Biskuat  Academy 2022? Tak perlu ragu. Caranya mudah sekali.

Pertama, beli biskuat kemasan khusus. Teman-teman bisa beli salah satu paket Biskuat rasa apa saja, seperti tertera di bawah ini dan temukan kode unik yang tertera di belakang kemasan

  • 1 Biskuat 121,6 gram
  • 1 Biskuat 60,8 gram
  • 2 Biskuat 22,8 gram
  • 2 Biskuat 7,6 gram

Kedua, daftar melalui WhatsApp dengan mengirimkan pesan ke nomor 081212225919. Ikuti  instruksi yang diberikan tim Biskuat melalui WhatsApp untuk mendapatkan akses login menuju Sekolah Bola Online Biskuat Academy 2022.

Ketiga, peserta akan diminta menyetujui ketentuan penggunaan dan kebijakan privasi yang merupakan syarat wajib untuk melanjutkan registrasi. Selanjutnya melengkapi data diri dan kode unik. Jangan lupa struk pembelian disimpan ya, sebagai bukti pembelian biskuat.

Keempat, tunggu validasi atas kode promo, maksimal 3×24 jam oleh pihak Biskuat.

Kelima, menerima akses login yang diberikan untuk mengikuti Sekolah Bola Online Biskuat Academy di http://www.biskuatacademy.com


Keuntungan Mengikuti Biskuat Academy 2022

Selain mendapat ilmu, Biskuat Academy 2022 juga bertabur hadiah mulai dari hadiah utama hingga hiburan yang akan diundi setiap minggu.

  • Hadiah utama untuk satu pemenang, yaitu tur Stadion Bola Internasional bersama satu pendamping.
  • Hadiah Top 10 untuk 10 finalis Biskuat Academy 2022, berupa uang tunai sebesar Rp 5 juta untuk masing-masing pemenang.
  • Hadiah Top 20 untuk 20 finalis Biskuat Academy 2022, berupa kaos kaki Biskuat, topi Biskuat, backpack Biskuat, jerset Biskuat, dan bola Biskuat.
  • Hadiah mingguan untuk 20 pemenang setiap minggu akan mendapatkan salah satu hadiah, yaitu bola Biskuat atau voucher Rp 100 ribu.

Jadi, tunggu apalagi. Segera daftar yuuuk…!

Kontemplasi

Anak-anak bertumbuh seiring waktu yang melesat begitu cepat bagai anak panah, menuju masa depan. Tak mungkin ditarik kembali.  Tentu saja, awalnya ada rasa cemas, was-was, khawatir, keraguan dan segala ketakutan lainnya. Tapi doa-doa menjadi obat, senyum menjadi pengantar, dukungan menjadi penguat. Kami sadar, anak panah harus dilepaskan dengan keberanian dan keyakinan. Masa depan adalah miliknya, perjalanan itu akan menjadi kisahnya, setiap cobaan dan kegagalan akan menguatkannya. Menemukan kekuatan dalam diri akan menjadikannya lebih tangguh menjalani setiap proses kehidupan. 

Melesatlah… menjadi diri sendiri.

 

Salam

Arni


"Artikel ini diikutsertakan pada lomba KEB X Biskuat Academy"



18 comments:

  1. Wah, bagus sekali ini, Mbak. Jadi orang tua tahu, potensi anaknya, sehingga bisa diarahkan. Terus bisa segera mencari solusinya, bila ada yang perlu dibenahi pada diri anak.
    Semoga nanti di sekolah krucil saya segera diadaakn tes seperti ini juga. karena kalau tidak dites begini, orang tua masih meraba-rapa. Apalagi ada yang jarang bercerita apda orang tua, tentang aktivitasnya di sekolah.

    ReplyDelete
  2. Menggiurkan banget hadiah Biskuat Academy ini ya mbak. Duh, kapan lagi bisa tur ke stadion Internasional.

    ReplyDelete
  3. Ini nih program Potensi Intelektual, Potensi Sikap Kerja dan Potensi Sosial Emosional yang bisa membawa Indonesia mengalami usia emas pada tahun 2045.. sesuai banget sama program Pemerintah kita sekarang. Generasi yang cerdas dan mau menerima perubahan harus diterapkan sejak dini sih.

    ReplyDelete
  4. Dengan kegiatan ini orang tua jadi lebih mengenal anak dan potensi dari dalam diri mereka. Keren sih. Harus kayak gini emang

    ReplyDelete
  5. biskuat ini snack favorite saya dari zaman dulu Mba, sampai sekarang pun masih suka nyemil biskuat. Apalagi ada biskuat academy yang bagus banget untuk pengembangan anak-anak sekolah an

    ReplyDelete
  6. Hadiahnya baik yang hiburan maupun yang utama bisa membuat anak-anak makin semangat untuk menggali inner strength dan belajar tentang sepakbola. Cuss semangat raih mimpi 🤩

    ReplyDelete
  7. MasyaAllaah sama dong kayak anakku Biskuat dijadikan bekal hihi alhamdulillah dia juga sukaa <3 kapan hari pas aku kasih bekal lain karena takut dia bosan, eh malah nanya, mana Biskuatnya? Jadi ngga khawatir sama jajanan diaa karena sehat dan penuh nutrisi

    ReplyDelete
  8. Wah, Mas Prema ini ya, hebat dan penuh percaya diri. Bisa menjadi inspirasi nih untuk anak-anak lainnya.

    Kalau inner strength udah diketahui gini, jadi makin mudah untuk memahami anak dan tahu minat/bakat anak afa di bidang apa.

    ReplyDelete
  9. Keren banget sih Kak Prema ekskulnya broadcasting! Bener-bener melatih percaya diri tuh. Untung ibunya juga siap mendukung, salah satunya dengan menyiapkan bekal dan snack pilihan yang lezat macam Biskuat.

    ReplyDelete
  10. Bagus banget ada tes potensi anak begini, jadi kelihatan bakat Prema sejak awal ya, Mbak.
    Program Biskuat Academy juga oke banget untuk mendukung perkembangan inner strength anak sejak dini, terutama dalam bidang sepak bola.

    ReplyDelete
  11. Sebagai orang tua kita hanya tinggal mengarahkan saja ya, Mbak. Terutama kalau sudah paham betul potensi yang ada pada anak. Mendukung dan mendampingi anak melakukan apa yang mereka sukai supaya bisa berprestasi di bidangnya.

    ReplyDelete
  12. Waah keren cara mendaftarnya juga mudah biscuat akademy bagus buat kegiatan anak anak diluar sekolah ya...

    ReplyDelete
  13. soal inner strength ini penting banget ya mba, orang tua pun mesti legowo kasih kebebasan memilih dan membuat keputusan ke anak, ga yang melulu didikte yaa. Ternyata ada juga ya academy buat anak dari biskuat

    ReplyDelete
  14. Inner strength ini penting ya mbak
    Sebab bisa mempengaruhi kesuksesan anak di masa depan
    Salut banget dengan Biskuat Academy ini

    ReplyDelete
  15. Betul mba, peran orang tua tinggal mengarahkan dan jadi partner diskusi saja. Tapi biar anak anak yang memutuskan kesukaan mereka di bidang mana. Dengan begitu dia malah bisa lebih optimal dan senang dengan pilihannya. Kalau soal Biskuat mah udah nggak operlu diragukan lagi, karena pasti semua anak sukaaaaa

    ReplyDelete
  16. Dengan dukungan yang optimal ketika anak berprestasi di bidang olahraga, maka bergabung di BIskuat Academy akan semakin menumbuhkan dan menanamkan Inner Strength pada anak.

    ReplyDelete
  17. Program Biskuat Academy ini bagus sih menurutku karena membantu anak menemukan inner strength-nya.

    ReplyDelete
  18. Sekolah anak saya juga ada tes psikotes gitu tapi kayaknya hasilnya ngga sedetail itu sih cuma tabel2 aja bukan deskripsi.. bagaimana pun hasilnya jadi tugas kita ya yang dampingi anak2 agar inner strength nya terbentuk dengan baik

    ReplyDelete